Monumen Pertempuran Boja Yang Terlupakan

0 249

Monumen Pertempuran Boja

Tepat di depan Pasar Boja, saat ini digunakan sebagai Terminal. Tata lokasinya cukup semrawut. Disana terlihat sebuah patung pejuang yang tampak tidak diperhatikan. Kondisinya tidak begitu baik. Patung itu menggambarkan seorang pejuang kemerekaan dengan gagah membawa bendera merah putih ditangan kanan dan tangan satunya menenteng sten gun. Pondasinya merupakan sebuah relief perjuangan yang catnya sudah usang.

Monumen tersebut rupanya dibangun pada tahun 1973 sebagai tindak lanjut dari perintah Bupati Kendal kala itu untuk mengenang heroiknya pertempuran di Boja. Dikisahkan saat itu tentara Belanda yang ingin menguasai kembali wilayah Indonesia, tiba di daerah Kaliwungu. Para pejuang dari Boja berkumpul di Gedung Kawedanan – yang saat ini berada di depan terminal Boja. Berdasarkan informasi yang tersampaikan, para pejuang pun menghadang pasukan Belanda di Jembatan Kalibodri antara Boja – Kaliwungu. Baku tembak pun tak terhindarkan. Karena kurangnya pasukan dan persenjataan akhirnya pejuang kemerdekaan mengalah mundur ke Kota Boja dan melakukan bumi hangus pada beberapa bangunan untuk menghindari supaya tidak digunakan Belanda sebagai markas.

Untuk mengenang semangat para pejuang dan para korban yang gugur, maka dibangunlah sebuah monumen. Monumen Perjuangan itu kini terlihat sepi, tidak banyak yang mengenalnya. Didepannya bahkan dipasang pagar dan merupakan tempat pedagang berjualan. Lebih memprihatinkannya, didekat monumen tersebut justru digunakan untuk membuang sampah.

Source https://hamidanwar.blogspot.co https://hamidanwar.blogspot.com/2015/12/ekspedisi-boja-sejarah-sejarah-yang.html
Comments
Loading...