Monumen Pers Perjuangan Surabaya

0 189

Lokasi Monumen Pers Perjuangan

Monumen ini terletak di Jalan Embong Malang No. 2 Kelurahan Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Lokasi monumen ini berada di pojok pertemuan antara Jalan Tunjungan dengan Jalan Embong Malang, atau di depan kompleks Tunjungan Plaza.

Monumen Pers Perjuangan

Pada tahun 1925, di bangun sebuah Toko Mobil. Di atas atapnya berdiri menara kecil seperti yang terdapat pada bangunan gereja. Toko mobil tersebut tak bertahan lama. Pada tahun 1928 toko mobil tersebut berganti menjadi Toko Nam dengan fasad bangunan yang masih sama dengan sebelumnya. Keadaan di sekitar Toko Nam sudah mulai tampak ramai. Terlihat trem berjalan di sampingnya, dan di kiri kanan toko telah berdiri bangunan lainnya. Kemudian, pada tahun 1930 sudah berdiri bangunan berlantai dua yang bisa disaksikan sampai sekarang. Bangunan berlanggam Art Deco itu sekarang berada di sebelah timur dari Monumen Pers Perjuangan, dan sejajar dengan Hotel Majapahit.

Pada tahun 1938, Toko Nam dibongkar dan menjadi bangunan dua lantai bergaya Art Deco. Namun sudah tidak ditempati lagi oleh Toko Nam, melainkan menjadi Toko Kwang. Pada saat menjadi Toko Kwang inilah yang merupakan wujud bangunan yang bisa dilihat sampai sekarang yang bernama Monumen Pers Perjuangan.

Pada masa pendudukan Jepang, Toko Kwang ini diambil alih oleh Jepang, dan sejak itu tak lagi terdengar Toko Kwang lagi. Setelah Jepang menyerah kepada Sekutu, dan mulai hengkang dari Surabaya, bekas Toko Kwang mulai dikosongkan. Pada 1 September 1945, para wartawan pribumi yang dulunya bekerja di Kantor Berita Domei milik Jepang berusaha mendirikan Kantor Berita Indonesia bertempat di gedung ini. Pada Oktober 1945 Kantor Berita Indonesia di Surabaya diintegrasikan menjadi bagian dari Lembaga Kantor Berita Antara, sehingga menjadilah Kantor Berita ANTARA cabang Surabaya.

Sejak itu, gedung ini menjadi pusat kegiatan kantor berita, dan sekaligus sebagai markas pers pejuang dengan menerbitkan buletin yang diberi nama Siaran Kilat. Keberadaan kantor berita ini amatlah penting dalam masa perjuangan kemerdekaan. Sebab dari sinilah berita-berita kemerdekaan bisa tersebar ke luar negeri, sehingga gigihnya perjuangan kemerdekaan bangsa ini bisa diketahui di luar sana. Itulah sebabnya gedung ini kemudian ditetapkan sebagai cagar budaya Kota Surabaya sebagai gedung bersejarah dan kemudian dinamakan Monumen Pers Perjuangan Surabaya.

Source Monumen Pers Perjuangan Surabaya
Comments
Loading...