situsbudaya.id

Monumen Perjuangan Rakyat Palembang

0 104

Lokasi Monumen Perjuangan Rakyat

Monumen Perjuangan Rakyat terletak di Jl. Merdeka No.1, 19 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30113.

Monumen Perjuangan Rakyat

Monpera berdiri sejak 22 tahun silam, Monpera sudah difungsikan sebagai museum penyimpanan benda bersejarah. Terutama masa revolusi fisik yang terkenal dengan sebutan ‘perang lima hari lima malam’ yang pecah pada tanggal 1 Januari 1947. Peletakan batu pertama dan pemancangan tiang bangunan dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1975. Setelah itu monument ini diresmikan pada tanggal 23 Februari 1988 oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Alamsyah Ratu Perwira Negara.

Ciri khas monumen ini terletak pada enam tiang beton yang kokoh bertautan tiga-tiga di bagian samping kiri dan kanannya. Terpampang juga relief yang menggambarkan suasana pertempuran lima hari lima malam di kota Palembang. Di dalam bangunan berlantai lima itu terdapat empat unit lemari khusus penyimpanan benda-benda koleksi bersejarah.

Di lantai satu terdapat juga foto masa perjuangan enam tokoh perang kemerdekaan seperti AK Gani, M Isa, Haji Abdul Rozak, Mayjen TNI H Bambang Utoyo, Brigjen TNI H Hasan Kasim dan Kolonel H Barlian. Di lantai dua disimpan 14 pucuk senjata di ruang khusus berdinding kaca. Sebagian besar merupakan hasil rampasan perang zaman sebelum kemerdekaan. Senjata yang disimpan seperti jenis pistol, senapan, kecepek, ranjau hingga alat pelontar bom yang kerap dipakai pejuang tempo dulu. Termasuk berbagai dokumen perang dan benda-benda bersejarah lainnya.

Sedangkan lantai tiga terdapat patung yang merupakan replika wajah dari keenam pejuang kemerdekaan asal Sumatera Selatan. Juga koleksi pakaian dinas baik sipil maupun militer yang dipakai mereka dalam merebut kemerdekaan kala itu. Sementara lantai empat hanya dipakai untuk kantor.

Source Monumen Perjuangan Rakyat Palembang sumatera selatan
Comments
Loading...