Monumen Perjuangan Gunung Lengis yang Sempat Terlupakan

0 67

Monumen Perjuangan Gunung Lengis yang Sempat Terlupakan

Saksi perjuangan masyarakat Gresik dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dan mengusir penjajah pada tahun 1945 terlukiskan dalam salah satu monumen perjuangan yang berada di Gunung Lengis, tepatnya di Desa Gending.

Monumen perjuangan ini adalah simbol dan gambaran betapa gigihnya perlawanan masyarakat Gresik dalam berperang melawan penjajah, dan sebagai tugu untuk mengenang jasa-jasa mereka yang telah gugur dalam berperang melawan penjajah, tetapi amat disayangkan, monument bersejarah ini telah lama dilupakan dan cenderung diabaikan oleh generasi muda masyarakat Gresik, bahkan banyak dari generasi muda masyarakat Gresik yang tidak mengetahui bahwa terdapat saksi sejarah perjuangan nenek moyang mereka.

Pada saat itu Monument Perjuangan Gunung Lengis hanya mereka kenal sebagai bukit lapang yang mereka gunakan untuk berkemah, ujian pengambilan sabuk kelompok beladiri dan ajang motocross ataupun bersepeda downhill, tanpa mengetahui kenapa dibangun monumen bersejarah disana.

Monument Perjuangan Gunung Lengis yang sempat terlupakan kini mulai dikenal oleh para generasi muda masyarakat Gresik Sejak dibangunnya Stadion Gelora Joko Samudro yang menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Gresik. Saat pembangunan sarana olahraga ini, Monumen Perjuangan Gunung Lengis dipindahkan oleh bupati Gresik Sambari di pintu gerbang Stadion Gelora Joko Samudro, dengan penempatan yang apik dan terkesan seperti terdapat museum perjuangan yang berada di pintu gerbang stadion, kini Monumen Perjuangan Gunung Lengis tersebut menjadi destinasi bernarsis ria dengan banyaknya masyarakat Gresik yang berfoto-foto dengan menambil latar belakang Monumen Pejuangan Gunung Lengis.

Akhirnya Monumen Perjuangan Gunung Lengis yang dahulu sempat terlupakan sekarang telah dikenal kembali, dan bila orang dari luar Kota Gresik bertanya mengenai sejarah Monumen Perjuangan Gunung Lengis kepada masyarakat Gresik mereka sekarang dapat menjelaskannya. Setelah Monumen Perjuangan Gunung Lengis ini terselamatkan, masih terdapat banyak bangunan dan situs saksi sejarah Kabupaten Gresik yang harus diselamatkan, semoga dapat secepatnya terselamatkan seluruhnya dan dapat menjadi tambahan destinasi wisata di Gresik.

Source https://id-gresikkoe.blogspot.com https://id-gresikkoe.blogspot.com/2016/08/monumen-perjuangan-gunung-lengis-yang.html
Comments
Loading...