Monumen Melati

0 136

Monumen Melati

Jika anda melintas di Jalan Ijen maka tepat berada di depan museum Brawijaya akan terdapat sebuah monumen. Tidak banyak yang tahu jika Monumen yang diresmikan pada tahun 17 Desember 1982 oleh KASAD Jend. TNI Poniman itu bernama Monumen Melati atau Monumen Kadet Surapati.

Monumen yang dibangun dengan biaya Rp103 Juta yang pembiayaannya ditanggung oleh alumni itu sangat mudah diakses, karena juga dilewati angkutan umum kota Malang yang menuju ke terminal Landungsari seperti ADL, AL, dan GL.

Menumen itu disangga dua pilar setinggi tujuh meter dengan taman dan kolam di bawahnya. Dua pilar itu artinya adalah dua brigade. Di sisi puncak, ada kelopak melati yang berhelai 11 dengan bahan terbuat dari perunggu. Gambar ‘Hongaarse Krul’ pada pilar utama melambangkan badge yang dulu dipakai oleh siswa Sekolah Kadet Suropati.

Monumen Melati dibuat untuk memberikan penghormatan sekaligus mengenang sekolah darurat Tentara Keamanan Rakyat (cikal bakal TNI), selain itu juga memberikan penghormatan kepada pendiri, tenaga pendidik, serta siswa di sekolah tersebut.

Nama Kadet Surapati berasal dari nama Sekolah Tentara Divisi III itu sendiri. Sekolah tersebut membunyai simbol bunga melatih. Ide sekolah itu berasal dari Kepala Staf Operasi Divisi VIII, Mayor Mutakad Huri sebelum pertempuran 10 November 1945. Selain di Malang, sekolah serupa juga dibuka di Bukittinggi, Palembang, Brastagi, Mojoagung dan Tangerang.

Kemudian pada awal November 1945, Mayor Jenderal Imam Sujai yang bertindak sebagai Komandan Divisi III membuka sekolah. Kemudian juga ditunjuk direktur sekolah yaitu Mayor Moetakat.

Salah satu yang menarik, di Sekolah Kadet Malang inilah timbul istilah ‘Perwira’ sebagai pengganti ‘Opsir’ dan ‘Taruna’ sebagai pengganti ‘Kadet’. Selanjutnya istilah ini diakui secara nasional. Dengan demikian, monumen ini merupakan salah satu saksi bisu sekaligus simbol perjalanan militer di Indonesia, khususnya TNI.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2016/01/04/monumen-melati-kenangan-untuk-sekolah-tentara-kadet-surapati/
Comments
Loading...