Monumen Kembang Arum Sleman

0 150

Monumen Kembang Arum

Monumen Kembang Arum terletak di depan Puskesmas Turi, Desa Kembang Arum, Kecamatan Turi, Sleman. Jalan ini merupakan jalan alternatif menuju Magelang dari Kaliurang. Sayang sekali prasastinya di cat hitam sehingga tidak bisa ternaca tanggal dan siapa saja yang gugur di sini. Ada 2 monumen disini, satu monumen utama dan satu semacam prasasti kecil dengan kalimat seperti pada fotonya. Sayang nya ada kesalahan dalam penulisannya, dikatakan ABRI, padahal padatahun yang dimaksud Tahun 1948-1949 belum ada istilah ABRI.

Dari sumber di intenet di dapat cerita bahwa pada tanggal 4 Januari 1949, hari Selasa Pahing. Kompi Batalyon 151 yang dipimpin Kapten FX. Haryadi dan KODM Turi menghadang peleton serdadu Belanda yang datang dari Medari, di utara dusun Kembangarum. Kemudian pasukan Belanda kewalahan, mundur ke selatan dan mendapat bantuan kemudian membalas serangan dengan mortir dari arah Medari dan Turi. Penduduk yang menjadi korban dan gugur di Kembangarum : 1. Sukitri 2. Pawiro Karyo. Kemungkinan 2 nama ini yang tertulis di monumen ini seperti pada monumen yang lain.

Source https://achmadrizal.staff.telkomuniversity.ac.id https://achmadrizal.staff.telkomuniversity.ac.id/monumen-monumen-di-seputaran-jogja-bagian-1/
Comments
Loading...