Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok Karawang

0 168

Lokasi Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok terletak di  Desa Rengasdengklok Selatan, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok dibuat di tempat dimana Soekarno – Hatta ‘dibawa’ pada 16 Agustus 1945 oleh sejumlah pemuda untuk mempercepat proklamasi. Beruntung dalam perjalanan ke Jakarta saya bisa mendorong diri keluar di pintu tol Karawang Barat. Hanya berbekal nama, mobil melaju untuk mencari monumen ini. Gadis penjaga gardu tol berkata bahwa saya harus ke kiri di lampu merah, dan lalu ke kanan saat menjumpai stasiun bus Tanjung Pura. Dari pintu tol sampai ke lampu merah jaraknya sekitar 6,6 km, dan sekitar 3,4 km lagi untuk sampai di stasiun bus Tanjung Pura.

Sekitar 12,1 kilometer dari stasiun bus Tanjung Pura, mobil belok kiri mengikuti petunjuk jalan ke arah monumen. Jalan yang dibuat belum lama itu melewati persawahan sepanjang 2,2 kilometer sebelum sampai ke monumen. Secara keseluruhan 24,3 km dari pintu tol Karawang Barat. Ada rasa senang karena berhasil menemukan tempat itu.

Pandangan pada area Monumen Kebulatan Rengasdengklok yang cukup luas, dikelilingi pagar besi, dengan jalan semen di tengahnya. Monumen ini berupa tugu dengan Teks Proklamasi pada dinding depannya, menyangga bola bertulis 17 Aug 1945 yang menjadi landasan kepal tangan, lambang bulatnya tekad. Di sekeliling tugu ada tugu bintang dan tugu bendera Merah Putih. Di belakang tugu ada dinding beton melengkung dengan relief yang menggambarkan peristiwa di sekitar Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Utamanya terkait dengan apa yang kemudian dikenal dengan nama Peristiwa Rengasdengklok. Sebelumnya sebuah tanda berbunyi “Selamat Datang di Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok” saya lihat ketika tiba di lokasi. Beberapa pekerja tampak tengah mengganti pagar yang mengelilingi Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok ini. Bahan-bahan material bangunan juga masih terserak di beberapa tempat di bagian depan.

Source Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok Karawang Jawa Barat
Comments
Loading...