Monumen Jalasveva Jayamahe

0 124

Monumen Jalasveva Jayamahe

Monumen jalasveva jayamahe berbentuk figur perwira menengah Angkatan Laut Republik Indonesia dengan tanggan kanan berkacak pinggang dan tanggan kiri memegang pedang kehormatannya. Berdiri tegak menatap arah laut. Sang Perwira mengenakan pakaian dinas upacara (PDU 1).

Monumen tersebut didirikan untuk mengenang Pahlawan dan sesepuh TNI Angkatan Laut, terutama saat menegakan dan mengisi kemerdekaan. Jalasveva Jayamahe sendiri memiliki arti ; jaya dilaut jaya di darat.

Monumen ini terdiri dari dua bagian; Patung dan gedung beton bundar. Secara keseluruhan monumen ini memiliki ketinggian 60.6 meter. Dengan rincian bagian Patung memiliki ketinggian 30,6 meter yang ditopang gedung beton bundar setinggi 30 meter. Gedung Beton ini berfungsi sebagai museum Angkatan Laut. Disebut-sebut monumen monjaya ini, patung tertinggi kedua setelah patung leberty.

Badan patung terbuat dari kuningan yang dirancang oleh nyoman Nuarta seniman bali yang juga mengarap patung garuda wisnu kencana.

Lokasi monumen terletak di ujung dermaga kawasan armada timur Ujung Surabaya. Salah satu pertimbangan monumen monjaya di bangun di kota surabaya ialah karena surabaya adalah kota angkatan laut, pangkalan utama bagi kapal-kapal perang TNI AL terbesar.

Monumen ini kerap disingkat dengan Monjaya. Monumen Jalasveva Jayamahe dibangun pada tahun 1990 dan diresmikan Desember 1996 oleh Presiden Suharto. Pembangunan monumen ini atas inisiatif dari kepala Staf TNI Angkatan Laut Indonesia saat itu, yaitu Laksamana TNI Muhammad Arifin.

Source https://pesonakotasurabaya.wordpress.com https://pesonakotasurabaya.wordpress.com/2013/09/13/monumen-jalasveva-jayamahe/
Comments
Loading...