Monumen Hendrik Van Dijken Maluku Utara

0 143

Lokasi Monumen Hendrik Van Dijken

Monumen Hendrik Van Dijken terletak di wilayah Galela, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara.

Monumen Hendrik Van Dijken

Monumen ini dibangun sebagai penghormatan sekaligus mengenang jasa sang misionaris asal Belanda yang menjadi pembawa Injil pertama di bumi Halmahera pada tahun 1816.
Menurut cerita, lokasi itu merupakan tempat yang diangkerkan oleh masyarakat setempat karena ada raksasa jahat bernama tumadoa yang menghuninya. Van Dijken sendiri oleh penguasa setempat ditempatkan di lokasi tersebut dengan maksud agar dirinya dilenyapkan oleh sang raksasa.
Singkatnya, keberhasilan Van Dijken untuk dapat bertahan tinggal di situ kemudian melahirkan istilah “duma widoohawa” (bahasa Galela) yang berarti “cuma dia yang tidak diapa-apakan”. Kata Duma kemudian menjadi sangat populer untuk nama danau terbesar di Halmahera Utara tersebut meskipun momennya lebih terkait dengan peristiwa letusan hebat gunung Tarakani di Galela waktu itu.
Yang menarik dari monumen tersebut adalah patung Hendrik Van Dijken digambarkan sedang berdiri di atas bumi Halmahera sambil memegang Injil di tangan kiri dan cangkul di tangan kanannya. Cangkul merupakan simbol bahwa selama melakukan misinya Van Dijken juga memberdayakan sektor perkebunan khususnya tembakau dan kopi. Beberapa pohon besar yang sudah berusia lebih dari seratus tahun di lokasi monument diyakini sebagai pohon yang dahulu ditanam oleh sang misionaris.
Source https://jagotraveling.blogspot.co.id/ https://jagotraveling.blogspot.co.id/2015/06/telaga-duma-galela-wisata-halmahera.html
Comments
Loading...