Monumen Gelora Perjuangan Rakyat Riau

0 109

Monumen Gelora Perjuangan Rakyat Riau

Monumen Gelora Perjuangan Rakyat Riau yang berada di kawasan bekas halaman Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Riau ini merupakan lokasi pengibaran bendera Merah Putih oleh Danialsyah yang diiringi lagu Indonesia Raya untuk pertama kalinya di Pekanbaru, tepatnya pada 31 Agustus 1945 sekitar pukul 10.00 pagi, oleh para pemuda pejuang Riau yang tergabung dalam Angkatan Muda – Pos, Telegraf dan Telepon (AM-PTT) Pekanbaru.

Peristiwa bersejarah tersebut berawal dari berita gembira yang didengar oleh Basrul Jamal, seorang telegrafis muda PTT Pekanbaru yang telah menerima teks Proklamasi Kemerdekaan RI pada 22 Agustus 1945. Basrul Jamal dan para pemuda yang tergabung dalam AM-PTT menyebarluaskan berita Proklamasi tersebut pada 30 Agustus 1945. Keterlambatan pejuang dan masyarakat di luar Jawa termasuk Riau disebabkan keterbatasan sarana informasi dan komunikasi di saat itu, Riau masih dikuasai bala tentara Dai Nippon.

Kemudian pada 14 September 1945, Angkatan Muda PTT Pekanbaru, dengan memakai tanda merah putih di baju masing-masing, Mochtar dan kawan-kawan mempelopori kenaikan Bendera Sang Saka Merah Putih untuk pertama kalinya di Pekanbaru, tepatnya di puncak atap gedung PTT Pekanbaru dan disaksikan oleh masyarakat umum di luar pekarangan gedung kantor PTT Pekanbaru. Kemudian dibuatkanlah tugu atau Monumen Gelora Perjuangan Rakyat Riau.

Dahulu, monumen tersebut berada di halaman Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau. Lokasi kantor dan halaman tersebut sekarang telah menjadi Ruang Terbuka Hijau Taman Integritas (Anti Korupsi). Monumen tersebut tidak dipindahkan.

Ketidakcocokan tanggal pada deskripsi, perlu dicocokkan kembali dengan cerita sejarah dari sumber-sumber terpercaya.
Pengibaran bendera = 31 Agustus 1945 jam 10.00 pagi (paragraf 1)
Terima telegraf kemerdakaan = 22 Agustus 1945 (paragraf 2)
Menyebarluaskan berita proklamasi = 30 Agustus 1945 (paragraf 2)
Mempelopori kenaikan bendera merah putih = 14 September 1945 (paragraf 3)
Ketidakcocokan tanggal pada paragraf 1 dan paragraf 3.

Source http://www.riaumagz.com/ http://www.riaumagz.com/2018/03/26-lokasi-bersejarah-di-kota-pekanbaru.html
Comments
Loading...