Monumen Australia Tarakan Kalimantan Utara

0 95

Monumen Australia Tarakan Kalimantan Utara

Monumen Australia adalah salah satu bukti sejarah pergolakan politik perang dunia ke II di Tarakan atau Borneo, lokasinya tepat di jalan pulau Kalimantan Kp. Satu 5 km dari arah pusat kota ataupun sekitar 400 meter dari sebelah timur Kantor Walikota Tarakan atau Borneo.

Tugu ini dibangun untuk mengenang 225 tentara Australia Bridge ke 26 devisi 9 yang sudah gugur dalam peperangan pembebasan dari tugas-tugas kesatuan Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, yang berasal dari negara bagian Victoria dan juga Australia Selatan. Bangunan ini berbentuk persegi panjang serta pada awalnya berada pada bagian utara, dan atas permintaan pemerintah Australia seluruh makam di pindahkan ke negara asalnya.

Isi perjanjian Monumen Australia ini ialah “Tiang dan jeruji peringatan ini menandai pintu masuk ke pemakaman perang Tarakan yang asli tempat 225 serdadu Australia dari brigade ke-26 divisi ke-9, mengenai kerajaan ke 2, Australia gugur dalam pertempuran pembebasan Tarakan dari pendudukan Jepang pada tanggal 1 Mei 1945 s/d 15 Agustus 1945 plakat ini sebagai peringatan serta catatan resmi sejarah perjuangan mereka yang gagah berani supaya kita tidak melupakannya”.

Source https://hello-pet.com https://hello-pet.com/wisata-kalimantan-utara-2043521
Comments
Loading...