Monas Jawa Kabupaten Kediri

0 32

Monas Jawa

Monas Jawa adalah sebutan warga wilayah Kabupaten Kediri bagian Selatan, untuk bangunan Cerobong Asap Pabrik Gula peninggalan Kolonial Belanda. Bangunan ini dibangun pada masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1800-an, terletak di Desa Butuh, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri menceritakan bahwa bangunan Monas Jawa ini merupakan cerobong asap pabrik gula peninggalan Belanda yang tertinggi di Pulau Jawa.

Monas Jawa memiliki luas dasar 10 X 10 m² dengan ketinggian kurang lebih 100 m. Bangunan ini diarsisteki oleh orang Belanda dan dikerjakan oleh penduduk Indonesia, yang banyak menelan korban jiwa karena jatuh dari bangunan yang dibuat dari campuran tetes, pasir, kapur dan bata merah.

Pabrik Gula ini hancur pada masa pertempuran antara Belanda dengan warga pribumi. Selain cerobong asap pabrik ini juga meninggalkan sumber air yang bernama Tengki, airnya terus menerus mengalir di pipa tanpa menggunakan suatu alat apapun. Saat ini sumber air dimanfaatkan warga sekitar untuk irigasi sawah dan mencuci.

Source https://gpswisataindonesia.info https://gpswisataindonesia.info/2018/12/wisata-sejarah-di-kabupaten-kediri-jawa-timur/
Comments
Loading...