Mimbar Masjid Raya Pekanbaru

0 81

Mimbar Masjid Raya Pekanbaru

Mimbar Mesjid Raya Pekanbaru merupakan benda peninggalan bersejarah Kerajaan Siak Sri Indrapura abad ke-19 yang ditempatkan seiring dengan selesainya pembangunan Mesjid Raya Senapelan dalam tahun 1925 silam, tepatnya semasa pemerintahan Sultan XII dan Yang Dipertuan Besar Kerajaan Siak Sri Indrapura bergelar Paduka Sri Sultan as-Sayyid as-Syarif Kasim II Abdul Jalil Syaifuddin (1908-1945).

Mimbar yang terbuat dari kayu dengan ukiran krawangan motif suluran ini telah berusia lebih dari 123 tahun dan dibuat semasa pemerintahan Sultan XI dan Yang Dipertuan Besar Kerajaan Siak Sri Indrapura bergelar Paduka Sri Sultan as-Sayyid as-Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin (1889-1908).

Bagian atas mimbar diberi penutup berbentuk atap sirap dengan bagian puncaknya berbentuk kuncup teratai. Pada bagian bawah atap sisi depan mimbar ini tertera sebuah inskripsi tahun pembuatannya dengan menggunakan aksara Arab Melayu, “Terbuat kepada tarikh 18 hari bulan Sya’ban 1309” bertepatan dengan hari Jumat tanggal 18 Maret 1892.

Di masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim, Kerajaan Siak Sri Indrapura juga menghadiahkan mimbar untuk 3 (tiga) masjid lainnya dengan bentuk yang sama, yaitu di Mesjid Raya Syahabuddin Siak Sri Indrapura, Mesjid An Na’im Sekijang (Tapung Kanan) dan Mesjid Al-Ghufran Petapahan (Tapung Kiri).

Hingga saat ini keempat mimbar tersebut masih terawat dengan baik dan tetap dipergunakan oleh para khatib saat memberikan khutbah Jumat.

Source http://www.riaumagz.com http://www.riaumagz.com/2018/03/26-lokasi-bersejarah-di-kota-pekanbaru.html
Comments
Loading...