Meunasah Rumoh Aceh Gampong Mancang

0 159

Meunasah Rumoh Aceh Gampong Mancang

Bangunan itu berupa sebuah balai seperti bentuk Rumoh Aceh. Pada dinding-dinding bangunan terdapat banyak hiasan kaligrafi yang indah. Ternyata, inilah yang namanaya Meunasah Mancang, orang-orang di Gampong tersebut menyebutnya dengan namma Meunasah Panyang Rumoh Aceh.

Meunasah Rumoh aceh ini di bangun pada tanggal 25 April 1974, diperkirakan telah berumur setengah abad lamanya. Semua sudat dari bangunan ini mempertahankan gaya arsitektur Rumoh Adat Aceh. Meunasah ini sendiri terbuat dari kayu jati dengan diperkuat oleh 20 tiang (Tameh) dan beratapkan daun rumbia.

Jika hendak naik keatas, terdapat dua tangga di bagian sisi kiri dan sisi kanan. Masing-masing tangga berjumlah 7 anak tangga. Terdapat tiga serambi seperti halnya Rumah Aceh pada umumnya. Namu memiliki sedikit perbedaan yaitu di Meunasah ini ketiga serambi berbentuk sejajar tanpa ada tingkatan-tingkatan. Selain itu, di samping meunasah juga terdapat 1 beduk (Tambo) yang telah berumur sama dengan Meunasah Rumoh Aceh tersebut dan kondisinyapun sampai sekarang masih bagus.

Meunasah Rumoh Aceh sendiri selain digunakan untuk shalat, juga di jadikan warga sebagai balai untuk bermusyawarah. Sebuah tradisi yang mungkin sudah mulai hilang untuk menyelesaikan sebuah permasalahan dalam adat Aceh. Sudah selayaknya pemerintah kabupaten Pidie Jaya untuk lebih memperhatikan situs-situs sejarah seperti ini supaya para generasi selanjutnya dapat mengetahui sejarah bangsanya.

Source https://beulangeungtanoh.blogspot.com https://beulangeungtanoh.blogspot.com/2018/07/meunasah-rumoh-aceh-gampong-mancang.html
Comments
Loading...