Mess Staf Lapas Tembilahan Bengkalis

0 30

Mess Staf Lapas Tembilahan

Rumah ini merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda yang diperkirakan dibangun sekitar tahun 1900-an. Berdasarkan bentuk bangunan, diperkirakan dari awalnya pembangunannya rumah difungsikan sebagai rumah hunian bagi pejabat-pejabat kolonial Belanda. Sejak tahun 2008 rumah ini digunakan sebagai Rumah Dinas Kalapas dan selanjutnya dijadikan sebagai mess bagi staf Lapas (sipir) Tembilahan. Secara umum tidak terdapat perubahan bentuk pada bangunan.

Terakhir pada sisi selatan berdempetan langsung dengan bangunan didirikan sebuah kafe.  Bangunan ini tepat berada di sisi utara Rumah Pejabat Kolonial Tembilahan No. 40 (Rumah Dinas PU). Bangunan ini memperlihatkan perpaduan arsitektur tradisional dan kolonial. Bangunan tradisional terlihat dapat bentuk bangunan berpanggung dan komponen bangunan terbuat dari kayu. Sementara arsitektur kolonial terlihat pada bentuk atap limas yang terbuat dari genteng dan pada bagian atas atap terdapat lubang angin. Mess staf lapas ini berdenah persegi panjang dengan material komponen bangunan sebagian besar terbuat dari kayu.

Bangunan ini sebagian besar masih asli, hanya pada bagian jendela dan pintu di bagian depan telah di ganti. Sebagian jendela juga terlihat asli, seperti jendela pada sisi utara di bagian depan, sisi selatan, dan sisi timur semua jendela masih asli. Bangunan ini menghadap ke arah jalan tepatnya ke arah timur dengan pintu masuk berada di arah timur. Pintu masuk ini terbuat dari kayu dengan bukaan satu. Pintu masuk ini merupakan hasil penggantian.

Selain pintu, jendela yang berdampingan dengan pintu masuk ini juga merupakan hasil penggantian baru. Bangunan ini berbentuk panggung dengan ketinggian panggung sekitar ± 40 cm dari atas permukaan tanah dengan lantai 21 bangunan terbuat dari papan kayu. Umpak panggung terbuat dari batu kali. Dinding bangunan terbuat dari susunan papan kayu yang dipasang secara horisontal sementara atap bangunan berbentul limas yang terbuat dari genteng. Bentuk dan ukuran genteng sama dengan genteng pada bangunan kantor Bazda Tembilahan. Ukuran genteng sekitar ± 45 cm x 25 cm.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Indragiri-Hilir-BPCB.pdf
Comments
Loading...