Mess Pemda Kab.Pasaman Barat (Eks.Controleur Air Bingis)

0 29

Mess Pemda Kab.Pasaman Barat (Eks.Controleur Air Bingis)

Mess Pemda pada awalnya merupakan bangunan administrasi (Controleur) pada pemerintahan Kolonial Belanda di Air Bangis. Mess Pemda sekarang merupakan kantor dari C. Schultz saat menjadi controleur di Air Bangis. Pendirian gedung controleur di Air Bangis bertujuan untuk memperlancar urusan administrasi di Air Bangis yang pada masa Belanda dijadikan sebagai salah satu wilaya yang strategis dalam perdagangan. Bangunan berdenah persegi panjang dengan ukuran saat sekarang 18 m x 12 m dengan menggunakan bata, semen. Bangunan ini beratap limasan dengan bagian depan dan belakang terdapat penambahan atap pelindung teras depan dan belakang.

Di sebelah baratdaya terdapat bangunan yang 24 lebih kecil memanjang. Bangunan ini awalnya memiliki beranda dengan ditopang oleh tiang kayu, namun saat sekarang sudah diganti dengan tiang beton. Bangunan bertipe bangunan Indies dengan mengambil beberapa unsur tradisional/lokal seperti bentuk pintu, jendela, ventilasi. Pintu masuk berukuran tinggi 3,5 m dengan lebar 1,9 m. Jendela pada bangunan ini berjumlah 4 buah, 2 pada bagian depan dan 2 pada bagian samping dengan ukuran tinggi 2,5 m dan lebar 1,55 m. Selain itu, ruang tengah merupakan ruang terbuka dengan dua kamar, masing- masing sisi kiri dan kanan. Baik pintu dan jendela berukuran cukup lebar dan tinggi sehingga sirkulasi udara leluasa masuk. Bangunan yang terletak di sebelah barat dihubungkan dengan koridor menuju ruang induk. Setidaknya terdapat empat buah kamar berukuran kecil.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Pasaman-Barat.pdf
Comments
Loading...