situsbudaya.id

Mesjid Sultan Bacan Maluku Utara

0 54

Lokasi Mesjid Sultan Bacan

Mesjid Sultan Bacan terletak di Pulau Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. 

Mesjid Sultan Bacan

Mesjid Sultan Bacan juga merupakan peninggalan sejarah yang berdekatan dengan keraton Sultan Bacan. Mesjid ini dibangun pada tahun 1901 yang dirancang oleh arsitek Jerman, Hoennig von Hendrik pada masa pemerintahan Sultan Muhammad Sadek. Di belakang mesjid terdapat mata air suci yang dipercaya berkhasiat bagi kesehatan menjadikan daya tarik bagi Anda yang berkunjung di tempat ini. Mesjid Sultan Bacan ini berdekatan dengan Keraton Sultan Bacan, yakni sekitar 100m yang berada di Amasing Kota, Kecamatan Bacan.
Mesjid ini berdiri di atas lahan seluas 6.020 m². Pada kubah limas paling atas terdapat kaligrafi di setiap sisinya. Mesjid ini memiliki 17 pintu masuk. Pada salah satu terasnya, terdapat sebuah bedug bercat hijau yang memiliki diameter 1 m dengan panjang 1,5 m, sedangkan pada bagian belakang masjid terdapat kompleks pemakaman kuno para ulama dari Malaka, keluarga serta kerabat dari Kesultanan Bacan. Masjid Kesultanan Bacan ini tidak dikelilingi pagar, akan tetapi dekat masjid dari tiga arah jalan masuk ke lingkungan masjid tersebut terdapat pintu gapura beratap gua susun sebagai gerbang menuju lingkungan masjid tersebut.
Pada jaman dahulu, mesjid ini tidak hanya digunakan untuk tempat ibadah, namun aktivitas roda pemerintahan juga di mesjid ini. Sultan dan para Ketua Adat biasanya menggelar pertemuan di teras mesjid untuk membahas masalah Kenegaraan.
Source https://jagotraveling.blogspot.co.id/ https://jagotraveling.blogspot.co.id/2015/06/mesjid-sultan-bacan-wisata-sejarah.html
Comments
Loading...