Mesjid Raya Sulaimaniyah Perbaungan

0 89

Mesjid Raya Sulaimaniyah Perbaungan

Salah satu tonggak sejarah kebesaran Kesultanan Serdang adalah Mesjid Raya Sulaimaniyah yang di bangun pada tahun 1894 oleh Sultan Sulaiman Syariful Alamsyah dan pada tahun 1901 mengalami renovasi dalam bentuk permanen. Pada halaman sebelah barat mesjid terdapat pekuburan para Sultan dan keturunannya yang pernah berjasa di daerah Serdang dan sekitarnya.

Ini adalah suatu objek wisata menarik yang seharusnya menjadi perhatian kita. Sangat disayangkan nilai Estetika dari halaman mesjid yang megah ini terganggu karena di halamannya terdapat gardu PLN yang seharusnya bisa saja gardu ditempatkan agak menjauh dari halaman mesjid. Hal-hal yang dianggap kecil ini sebenarnya sangat mengganggu keindahan tempat itu sendiri. Sedangkan Mesjid Sulaimaniyah termasuk ikon Kota Perbaungan yang seharusnya sangat dilindungi baik tempat maupun lingkungannya.

Masjid ini terletak di Jalan Serdang Kecamatan Perbaungan tepat di pinggir jalan raya. Setiap orang yang melintas dari arah Medan menuju Tebing Tinggi atau sebaliknya, akan melewati mesjid ini. Setiap harinya, masjid ini menjadi tempat persinggahan musafir yang ingin melaksanakan sholat sambil berwisata rohani untuk melihat dari dekat mesjid peninggalan Sultan Sulaiman Syariful Alamsyah. Bagi yang ingin berziarah, kuburan para Sultan ada disebelah Barat Mesjid ini.

Source http://harian.analisadaily.com http://harian.analisadaily.com/pariwisata/news/peninggalan-kerajaan-yang-menjadi-objek-wisata-religi/36310/2014/06/08
Comments
Loading...