Mesjid Jamik Ismailiyah

0 63

Mesjid Jamik Ismailiyah

Mesjid Jamik Ismailiyah ini di dirikan pada tahun 1880. Mesjid ini di bangun atas perintah Tengku Haji Ismail Sulung Laut, Raja Negeri Bedagai. Masyarakat setempat mengenalnya sebagai Mesjid Istana. Peninggalan sejarah yang masih kokoh berdiri hingga kini, selain untuk tempat beribadah juga dijadikan tempat berkumpulnya para ulama daerah setempat.

Dekorasi di dalam mesjid ini masih asli dan utuh walau sudah berumur seratus tahun lebih demikian juga design yang enak dipandang dengan sirkulasi udara yang baik menjadikan mesjid ini demikian sejuk. Mesjid Jamik Ismailiyah yang berada di Desa Pekan Kecamatan Tanjung Beringin ini sangat kental dengan nuansa Melayu.

Pada umumnya bangunan yang di bangun pada masa kesultanan di Tanah Melayu, baik itu Mesjid ataupun perkantoran semuanya bernuansa Melayu dengan ornamen dan ukiran khas. Mesjid ini juga melambangkan kejayaan umat Islam di daerah Bedagai ini pada masa Tengku H. Ismail Sulung Laut berkuasa.

Source http://harian.analisadaily.com http://harian.analisadaily.com/pariwisata/news/peninggalan-kerajaan-yang-menjadi-objek-wisata-religi/36310/2014/06/08
Comments
Loading...