Mesjid Jami` Nagari Sitalang

0 34

Mesjid Jami` Nagari Sitalang

Mesjid Jami` Nagari Sitalang adalah Mesjid milik Nagari Sitalang yang terletak di Kp.Betung Jorong Kp.Melayu Nagari Sitalang Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam Propinsi Sumatera Barat. Sebagai Mesjid tertua di Nagari Sitalang, yang pertama dibangun sekitar abad 18 Masehi, dengan bangunan dari kayu berlantai papan. Dimana pada masa itu Nagari Sitalang masih diperintah oleh Asisten Demang zaman penjajahan Belanda di Indonesia. Kemudian pada tahun 1945, melalui gotong royong anggota masyarakat Sitalang, bangunan kayu direhab menjadi bangunan tembok sampai saat ini.

Menurut sejarah orang tua-tua di Nagari Sitalang, semenjak mesjid Jami` difungsikan sebagai tempat ibadah dan kegiatan keagamaan seperti Taman Pendidikan Al-Qur`an, shalat Jum`at, shalat Tarwih di bulan Ramadhan, shalat Id. Di Mesjid ini juga merupakan satu- satunya tempat berlangsungnya acara pengukuhan pemangku adat Nagari Sitalang yang sampai saat ini terdiri dari 27 Ninik Mamak dan 18 Tuanku kali.

Begitu eksisnya Mesjid Jami` Nagari Sitalang sebagai pusat pengembangan agama Islam serta kegiatan – kegiatan sosial seperti sebagai Posko Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Mesjid di Nagari Sitalang. Hal ini sesuai dengan statusnya sebagai Mesjid Nagari. Artinya Mesjid jami` adalah pusat kegiatan keagamaan dan sosial seluruh masyarakat Nagari Sitalang. Dengan kata lain, Mesjid ini adalah kebanggaan seluruh Masyarakat Nagari Sitalang dimanapun berada.

Ketika terjadinya musibah Gempa Bumi yang mengguncang Daerah Sumbar pada hari Rabu tanggal 30 September 2009, sekitar jam.16.17 WIB. Mesjid Tua kebanggaan masyarakat Sitalang ini mengalami rusak berat. Sehingga tidak bisa lagi digunakan sebagaimana biasanya. Sementara sampai saat sekarang ini masyarakat terpaksa melakukan shalat berjamaa`ah dan Jum`at di Tenda yang dipasang di halaman Mesjid. Artinya Mesjid Jami` harus kita bangun kembali, untuk masa depan agama Islam dan masa depan anak cucu serta kemenakan Nagari Sitalang nanti.

Source https://nagarisitalang.wordpress.com https://nagarisitalang.wordpress.com/anak-kamanakan/
Comments
Loading...