Mesjid Asasi Sigando: Mesjid Tertua Di Padangpanjang

0 67

Mesjid Asasi Sigando: Mesjid Tertua Di Padangpanjang

Mesjid Asasi Sigando yang terletak di Kelurahan Sigando Nagari Gunung ini merupakan mesjid tertua di kota Padangpanjang. Mesjid ini selesai dibangun pada tahun 1770 M. Berarti usianya sudah hampir mencapai 4 abad silam. Mesjid ini dibangun oleh salah seorang penyebar agama Islam yang berasal dari Air Bangis Pasaman.

Arsitektur mesjid yang berukuran 300 meter persegi ini cukup unik. Atapnya tidak seperti mesjid yang memakai kubah, melainkan atap seng bertingkat tiga. Bangunan yang dibangun dengan struktur dari kayu ini dilengkapi dengan tiang besar di tengah-tengahnya yang juga terbuat dari kayu yang kuat. Sementara mimbar khatib terbuat dari kayu juga.

Di bagian eksterior luar, mesjid ini penuh dengan ukiran-ukiran indah khas Minangkabau. Lantai mesjid ini dibuat dari papan berpanggung, sama seperti rumah adat Minangkabau lainnya.

Masuk ke dalam mesjid, suasana teduh dan nyaman membuat pengunjung yang ingin beribadah kian merasa lebih dekat dengan Sang Khalik. Silahkan dunsanak berkunjung ke mesjid ini. Nikmati bangunan arsitektur mesjid lama di Minangkabau dan suasana penuh nuansa Islami.

Source http://nagariairbangis.blogspot.com http://nagariairbangis.blogspot.com/2011/09/mesjid-asasi-sigando-mesjid-tertua-di.html
Comments
Loading...