Meriam Honisuit Bengkulu

0 329

Lokasi Meriam Honisuit

Meriam Honisuit terletak di jalan raya Padang Panjang Komplek perkantoran Pemerintah Daerah kabupaten Bengkulu Selatan.

Meriam Honisuit

Meriam Honisuit merupakan senjata buatan Inggris. Senjata ini dibawa oleh Jepang saat menjajah Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu. Dan bahkan pernah diklaim sebagai salah satu meriam terbesar peninggalan sejarah yang pernah ditemukan di nusantara, walaupun memang agak sulit untuk mencari literatur lengkap mengenai keberadaan Meriam Honisuit di Bengkulu.

Dengan spesifikasi panjang laras sekitar 3,4 meter, bobot meriam mencapai 2,2 ton, dengan kaliber 19 sentimeter. Meriam ini dibawa oleh tentara Jepang ke Kota Manna, ibu kota Kabupaten Bengkulu Selatan pada tahun 1942 untuk menjaga pertahanan garis pantai Bengkulu Selatan dari ancaman musuh Jepang saat itu.

Pada 10 januari 2008, Meriam Honisuit atas kesepakatan Dinas Purbakala Provinsi Jambi dan Pemda Bengkulu Selatan dipindahkan ke Bundaran Jalan Raya Padang Panjang, Kota Manna di dekat kantor Bupati Bengkulu Selatan.

Beberapa masyarakat mengungkapkan, dahulu, meriam ini dilengkapi oleh beberapa meriam lain yang memiliki lebih dari tiga laras (multi laras), namun hingga kini tak diketahui secara pasti dimana keberadaannya.

Ditinjau dari sudut pandang ciri atau identitas daerah tentu keberadaan Meriam Honisuit ini boleh dikatakan layak untuk ditonjolkan sebagai salah satu Ikon dalam upaya memperkenalkan kabupaten Bengkulu Selatan di bidang Pariwisata, karena menurut hemat sayab bahwa Honisuit mempunyai nilai jual, sebab keberadaannya tidak dapat ditemui di daerah lain serta karakteristik dan bentuk yang lumayan besar merupakan sebuah keunggulan dan bersifat langka.

Source http://pedomanbengkulu.com http://pedomanbengkulu.com/2017/04/meriam-honisuit-senjata-raksasa-peninggalan-sejarah-yang-pantas-jadi-ikon-wisata/
Comments
Loading...