Mercusuar Tanjung Kelian Bangka Belitung

0 126

Lokasi Mercusuar Tanjung Kelian

Mercusuar Tanjung Kelian terletak di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Mercusuar Tanjung Kelian

Mercusuar Tanjung Kelian dibangun pada tahun 1862 oleh Belanda untuk mengawasi pelabuhan laut Muntok. Kompleks bangunannya dikelilingi oleh pagar tembok yang melingkar. Selain menara suar, didalamnya juga terdapat bangunan kantor. Bangunan menaranya sendiri berbentuk lingkaran yang semakin ke atas semakin mengecil dengan jendela berdaun ganda di sekeliling dinding bawahnya.

Tinggi Mercusuar Tanjung Kelian ini, 56 meter. Diameter bagian bawah 13 meter, dan diameter tengahnya 5 meter. Mercusuar ini memiliki 19 buah tangga dengan 199 buah anak tangga. Anak tangga batu 162 buah; anak tangga kayu, 28 buah; dan sisanya, anak tangga besi, 9 buah.

Poster ini berjudul “Mercusuar Tanjung Kelian”, poster ini dirancang dan didesain dalam rangka kegiatan Pameran Cagar Budaya oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi (BPCB Jambi ) pada Pameran Cagar Budaya- Maritim Bangka Belitung, di Gedung Hamidah Kota Pangkalpinang. Kegiatan pameran ini diselenggarakan pada tanggal 23 – 29 Agustus 2017.

Pelaksanaan pameran ini merupakan salah satu tugas dan fungsi yang dilaksanakan oleh Kelompok Kerja Dokumentasi dan Publikasi BPCB Jambi dalam melaksanakan sosialisasi dan menyebarluaskan informasi kekayaan peninggalan sejarah dan tinggalan cagar budaya bangsa dalam rangka menumbuhkan cinta tanah air dan memperkuat identitas bangsa.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/2017/11/14/mercusuar-tanjung-kelian/
Comments
Loading...