Mercusuar Noord Wachter

0 35

Mercusuar Noord Wachter

Mercusuar Noord Wachter merupakan salah satu bangunan mercusuar yang terdapat di Kepulauan Seribu, tepatnya di pulau Sabira. Mercusuar ini dibangun pada masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda pada tahun 1869 ketika Raja Willem III tengah berkuasa. Bahan baku pembuatan Mercusuar setinggi 42 meter tersebut dibawa langsung dari Belanda menggunakan kapal uap. Terdapat 210 anak tangga menanjak dengan posisi 60 derajat untuk mencapai bagian paling atas mercusuar ini.

Pada bagian atas pintu masuk mercusuar ditempel sebuah plakat besi yang bertuliskan kalimat dalam bahasa Belanda “Onder De Recering Van Z.M Willem III Koning den Nederlande, ENZ., EnZ., ENZ.; Opcerict Voor Draaslicht 1869.”

Rangkaian lampu pijar pada puncak mercusuar masih bisa berfungsi dengan baik hingga saat ini. Untuk menyalakan bohlam mercusuar yang memiliki tegangan 12.000 watt digunakan tiga mesin diesel, dimana satu diantaranya merupakan mesin diesel asli yang dipakai sejak pertama kali mercusar ini beroperasi, sementara sisanya buatan Indonesia tahun 1980-an.

Source https://gpswisataindonesia.info https://gpswisataindonesia.info/2019/03/wisata-sejarah-di-kabupaten-kepulauan-seribu/
Comments
Loading...