Menengok Wisma Persebaya, Saksi Sejarah yang Mulai Termakan Usia

0 10

Menengok Wisma Persebaya, Saksi Sejarah yang Mulai Termakan Usia

Bangunan tua yang beralamat di Jalan Karanggayam No. 1, Surabaya, itu sudah bukan tempat yang asing. Bagi sebagian warga Surabaya, bangunan dengan genting berwarna hijau itu memiliki nilai besar dan berserajarah. Tempat itu bernama Wisma Persebaya.

Jangan bingung bila ingin menemukan bangunan ini. Tempatnya hanya beberapa meter di belakang Stadion Gelora 10 November atau yang kerap disebut Stadion Tambaksari. Jadi, cukup masuk ke Jalan Karanggayam, tak lama sudah terlihat ada bangunan tua tersebut.

Dulu Wisma Persebaya menjadi tempat menginap sekaligus aktivitas harian bagi pemain Persebaya, semuanya, tanpa terkecuali. Namun, pemain skuat senior Persebaya kini sudah tak lagi menempati bangunan itu sejak 2017.

Tahun itu menandai momen Persebaya Surabaya diakui kembali sebagai anggota PSSI. Pada momen itu pula, PT Persebaya Indonesia diakuisisi oleh Azrul Ananda, yang kini menahbiskan diri sebagai Presiden Persebaya.

Sejak Azrul masuk Persebaya, pemain senior ditempatkan di apartemen. Pada musim 2017, skuat Bajul Ijo menempati Puri Darmo di kawasan Surabaya Barat. Sejak musim lalu, mereka pindah menempati Puncak Marina di kawasan Surabaya Selatan.

Wisma Persebaya tetap berusaha hidup dengan segala sendi aktivitas yang dijalaninya. Selama bertahun-tahun, aktivitas pembinaan pemain muda berlangsung di tempat ini. Sebab, di dalam area wisma ada lapangan sepak bola yang disebut Lapangan Persebaya.

Setiap hari Divisi Amatir Persebaya disibukkan dengan kompetisi internal yang diikuti 20 klub. Dari sinilah denyut kehidupan Wisma Persebaya tetap berlangsung dengan baik, meski tak ada lagi pemain senior.

“Kompetisi internal terus berjalan. Lapangan ini (Lapangan Persebaya) tidak pernah berhenti dipakai sejak berdiri sekitar 1970-an. Momen lapangan ini tidak dipakai hanya saat Ramadan, karena kompetisi internal juga istirahat,” imbuh Saleh.

Source https://www.bola.com https://www.bola.com/indonesia/read/3960749/menengok-wisma-persebaya-saksi-sejarah-yang-mulai-termakan-usia
Comments
Loading...