Menara Suar Hulawa Gorontalo

0 33

Menara Suar Hulawa

Di Pulau Lampu/ Hulawa, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, terdapat bangunan menara suar yang dibangun oleh Belanda sekitar tahun 1917. Menara suar ini berfungsi sebagai tanda bagi kapal laut yang akan keluar masuk dari dan menuju Pelabuhan Kwandang. Menara suar ini berfungsi sebagai rambu siang, agar bisa dilihat oleh kapten kapal. Menara Suar Hulawa berada pada 00 58’ 2,82”- 1220 53’ 34,62” terletak pada 7 mdpl dan berjarak 15 meter dari garis pantai sebelah timur Pulau lampu/Hulawa, bentuk menara prisma yang berukuran tinggi 7 meter, dan lebar 5 meter. Bahan utama menara ini terbuat dari susunan batu karang yang diberi spesi.

Selain rambu siang, ditemukan juga bekas tempat pemasangan lampu-lampu yang terbuat dari susunan bata yang diberi spesi semen dan pasir berjumlah 10 buah. Bekas tempat lampu ini letaknya sejajar dengan rambu siang, bahkan disalah satu tempat lampu terdapat inskripsi H.J.Theys.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbgorontalo/menara-suar-hulawa_gorontalo/
Comments
Loading...