Menara Gentala Arasy Jambi

0 278

Lokasi Menara Gentala Arasy

Menara Gentala Arasy terletak di Arab Melayu, Pelayangan, Kota Jambi, Jambi 36124.

Menara Gentala Arasy

Menara Gentala Arasy adalah museum budaya dengan corak arsitektur Arab yang bisa ditemukan di tepi Sungai Batanghari, Jambi. Selain museum dan ruang terbuka publik, bagian belakang museum ini terhubung dengan daerah seberang sungai, dengan adanya jembatan pedestrian selebar 4,5 meter dan panjang 503 meter. Di puncak menara museum ini, terdapat jam besar yang bisa dilihat dari kejauhan. Gentala arasy adalah singkatan dari gena tanah lahir abdurahman sayuti ini merupakan sebagai persembahan kehormatan untuk mantan gubernur jambi.

Menara Gentala Arasy sendiri merupakan sebuah menara ikonik yang menggambarkan mengenai sejarah penyebaran Agama Islam di Kota Jambi. Tidak sekedar menara biasa, menara ini juga dimanfaatkan sebagai museum islami. Di museum ini, pengunjung dapat melihat berbagai macam bukti dan sejarah perkembangan Islam di Kota Jambi.

Bentuk Menara Gentala Arasy ini terbilang cukup unik dan tentunya sangat islami. Bentuknya bahkan menyerupai sebuah bangunan masjid yang dilengkapi dengan menara. Menara Gentala Arasy biasanya dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mengambil foto kenang-kengangan. Menara Gentala Arasy, begitu namanya, memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Penyajian koleksi Menara Gentala Arasy dikelompokkan berdasarkan tematis, yakni Naskah dan Foto Para Ulama, Seni dan Budaya Islam, Arsitektur Islam, Pendidikan Islam, dan Sejarah Menara Gentala Arasy.

 

Source Menara Gentala Arasy Jambi Jambi
Comments
Loading...