Menara Air Peninggalan Belanda Pandeglang

0 425

Lokasi Menara Air Peninggalan Belanda

Menara Air Peninggalan Belanda terletak di Pandeglang, Kec. Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten 42211.

Menara Air Peninggalan Belanda

Ditengah kota Pandeglang, tepatnya di jalan Ciwasiat kelurahan Pandeglang kecamatan Pandeglang tidak jauh dari Masjid Agung Pandeglang terdapat bangunan berbentuk slindrik yang berfungsi sebagai menara air(water tower) merupakan hasil peninggalan pada masa pemerintahan kolonial. Tinggi bangunan ini sekitar 25m dengan diameter 4m.

Pada awal tahun 2007 bangunan mirip thermos raksasa ini hampir dibongkar untuk pelebaran jalan, tetapi dapat dibatalkan. Bangunan ini dibangun sekitar tahun 1884, bangunan yang hampir serupa terdapat di Kabupaten Lebak jarak tempuh untuk mencapai ke lokasi ini sekitar 25 km dari pusat Ibu Kota Provinsi Banten.

Sebelumnya, Kondisi menara air sangat memperihatinkan, tidak terawat. Statusnya sebagai benda cagar budaya seperti hanya sebatas sebuah tulisan. Pemerintah sepertinya kurang peduli terhadap salat satu benda cagar budaya yang satu ini, lambat laun bangunan ini akan hilang dengan sendirinya ditelan zaman. kondisi bangunan masih utuh, tetapi tidak difungsikan lagi. Arsitekturnya dipengaruhi gaya Eropa. Bangunan ini diperkirakan berdiri pada sekitar tahun 1884. Berfungsi sebagai penyedia air bersih di kota Pandeglang dan sekitarnya. Bangunan serupa terdapat di Kota Rangkasbitung.

Bangunan ini sudah tidak difungsikan sejak tahun 1990-an. Berdinding tebal dan tinggi dengan bahan pondasi dari batu andesit/ batu kali. Plesteran terbuat dari bahan campuran pasir-kapur tanpa semen. Pusat kota Pandeglang sendiri memang bernuansa kota bercorak kolonial, yang dicirikan oleh keberadaan bangunan pemerintahan yang sekarang dimanfaatkan untuk kantor Bupati, Makodim, Bale Budaya, kemudian juga ada sebuah rumah makan yang semuanya berada di sekitar alun-alun kota. Kepala Seksi Museum Kepurbakalaan (Kasi Muskala) Disbudpar Pandeglang Maman Nasih berharap, Disbudpar Banten bisa mengalokasikan dana pemeliharaan BCB.

Source https://www.blogger.com/about/?r=1-null_user http://masandamsyf.blogspot.co.id/2014/12/menara-air-peninggalan-belanda-di.html
Comments
Loading...