situsbudaya.id

Mausoleum O. G. Khouw Jakarta

0 77

Lokasi Mausoleum O. G. Khouw

Mausoleum O. G. Khouw terletak di Jl. KS. Tubun Raya No. 1, TPU Petamburan, Petamburan, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10260.

Mausoleum O. G. Khouw

Mausoleum O. G. Khouw adalah situs bersejarah di Jakarta yang merupakan makam Oen Giok Khouw (1874-1927), seorang filoantropis terkemuka dan keturunan keluarga Khouw van Tamboen. Jandanya, Lim Sha Nio (1879-1957), juga kemudian dikebumikan di sana.

Makam ini dirancang dengan gaya Art Deco oleh G. Racina, arsitek Italia yang tinggal di Surabaya, Hindia Belanda pada awal abad ke-20. Perusahaannya, Ai Marmi Italiani, adalah kontraktor pembangunan makam tersebut. Ketika makam itu selesai dan diresmikan pada tahun 1932, biayanya mencapai f 500.000 (sekitar US$ 250.000 pada saat itu; atau US$ 4,5 juta uang hari ini).

Hal tersebut menyebabkan sensasi besar di kalangan pers kolonial Belanda dan Indonesia. Salah satu komentator mencatat bahwa makam Khouw jauh lebih mahal dari makam miliarder pertama di Amerika Serikat, John D. Rockefeller. Setelah puluhan tahun diabaikan, Mausoleum O. G. Khouw menarik perhatian pecinta heritage di Jakarta, yang sekarang merawat dan menjaga situs sejarah ini.

Source https://id.wikipedia.org/wiki/ https://id.wikipedia.org/wiki/Mausoleum_O._G._Khouw
Comments
Loading...