Mata Air 7 Rasa Aek Sipitu Dai Sumatera Utara

0 104

Lokasi Mata Air 7 Rasa Aek Sipitu Dai

Mata Air 7 Rasa Aek Sipitu Dai terletak di Desa Aek Sipitu Dai Kecamatan Sianjur Mula-mula, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Mata Air 7 Rasa Aek Sipitu Dai

Menurut kepercayaan masyarakat setempat ada keajaiban di Aek Sipitu Dai ini yaitu dari satu sumber rasanya berbeda dari masing-masing tujuh pancuran yang ada. Mata Air ini pun dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Situs ini merupakan peninggalan sejarah dari kisah legenda Batak Toba. Sumber mata air yang terletak di bawah pohon rimbun di Desa Aek Sipitu Dai. Adapun ketujuh pancuran mata air tersebut yaitu :

  1. Pancuran I merupakan Aek Poso khusus untuk ibu memandikan anak-anak yang belum memiliki gigi, karena anak-anak tersebut tidak bisa dibawa ke mata air.
  2. Pancuran II merupakan pemandian kaum ibu yang telah berusia uzur atau tidak bisa lagi melahirkan maupun wanita mandul.
  3. Pancuran III merupakan pemandian kaum ibu muda yang sedang mengandung atau kaum ibu yang masih ada harapan mengandung/melahirkan.
  4. Pancuran IV disebut Paridian Sibaso (Pemandian Wanita Pengobati) yang berfungsi untuk membantu persalinan, letaknya mengarah ke pembuangan karena Sibaso biasanya memegang anak-anak kotor (proses persalinan).
  5. Pancuran V disebut Paridian Pangulu yang merupakan tempat pemandian kaum lelaki yang berusia tua atau uzur.
  6. Pancuran VI disebut Paridian Doli-Doli merupakan pemandian lelaki muda yang merupakan keturunan Guru Tatea Bulan.
  7. Pancuran VII disebut Paridian Hela dipakai oleh Kaum lelaki (Menantu) yang memperistri wanita keturunan Guru Tatea Bulan.
Source http://www.medanwisata.com http://www.medanwisata.com/2015/01/berwisata-ke-mata-air-7-rasa-aek-sipitu-dai.html#more
Comments
Loading...