Masjid Tuwo, Tapaktuan Aceh Selatan

0 131

Masjid Tuwo Kelurahan Padang Aceh Selatan

Menyebut Tapaktuan, banyak orang teringat taluak, nama lain sebutan Ibukota Kabupaten Aceh Selatan yang didiami mayoritas suku “aneuk jamee’. Tapaktuan terletak di pesisir selatan Aceh yang dapat ditempuh melalui jalan darat dari Banda Aceh-Medan. Di kota inilah, terdapat satu bangunan masjid yang tergolong tua. Masyarakat di sana menamakan Masjid Tuo. Tuo, berasal dari bahasa Minang yang berarti tua.

Masjid Tuwo Padang terletak di Kelurahan Padang Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Menurut informasi salah seorang tokoh masyarakat setempat dan berdasarkan pada data atau dokumentasi yang terpajang pada papan informasi di dalam masjid Tuwo Padang pertama sekali dibangun pada tahun 1276 H atau 1858 M. Angka tahun tersebut terdapat dan ditulis pada salah satu tiang masjid di sisi barat yang diabadikan pada salah satu tiang untuk mengingatkantahun pertama berdirinya masjid ini.

Bangunan masjid dibangun sangat sederhana berbentuk panggung, berkonstruksi kayu dan beratap limasan tumpang dua, dinding dan lantainya terbuat dari papan dan tidak memiliki serambi. Nama masjid itu kini Al-Khairiyah, terletak di Gampong Padang, Kecamatan Tapaktuan. Di sekitar areal masjid terdapat situs sejarah Makam Tuan Tapa yang banyak dikunjungi peziarah dari luar daerah.

Masjid Tuo, masih tetap difungsikan sebagai sarana ibadah salat berjamaah setiap waktu dan menyelenggarakan salat Jumat. Pada bulan Ramadan seperti tahun ini, ratusan jamaah melaksanakan salat tarawih bersama. Selain tempat rutinitas beribadah, masjid yang tampak bercorak tradisional itu, juga dijadikan tempat pengajian Al-Quran bagi anak-anak yang dikelola oleh TPA Al-Khairiyah Tapaktuan, menurut Imam Masjid Tuo Al-Khairiyah.

Source Masjid Tuwo Padang Masjid Tuwo Padang
Comments
Loading...