Masjid Tuo Pulo Kambing Aceh

0 240

Lokasi Masjid Tuo Pulo Kambing

Masjid Tuo Pulo Kambing terletak di Jl. Klueet Utara, Pulo Kambing, Kec. Kluet Utara, Kab. Aceh Selatan, Propinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Masjid Tuo Pulo Kambing

Masjid Pulo Kambing merupakan salah satu masjid tua di Aceh serta menjadi masjid tertua di Kabupaten Aceh Selatan. Disebut sebagai masjid Tuo Pulo Kambing karena memang berada di Gampong (Desa) Pulo Kambing, kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan. Dengan usianya (paling tidak) lebih dari 600 tahun, Masjid Tuo Pulo Kambing telah masuk ke dalam daftar Cagar Budaya di Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan dengan nomor penetapan PM.90/PW.007/MKP/2011 tanggal 17 Oct 2011.

Masjid tua milik muslim Pulo Kambing ini berada di tengah tengah Desa Pulo Kambing, berbatasan dengan Rumah penduduk di sisi utara dan barat, SDN Kluet Utara di sebelah selatan dan berada di tepian jalan desa yang membentang di sisi sebelah timurnya. Arsitekturnya memang unik, perhatikan mastaka di ujung atapnya yang sangat khas.

Pada dasarnya arsitektur Masjid Tua Pulo Kambing ini sama dengan masjid masjid tradisional asli Indonesia, berupa bangunan masjid dengan atap limas bersusun tiga, namun susunan atap paling atas nya dibangun berbeda dengan dua susun atap dibawahnya. Meski berusia sudah teramat tua masjid ini terdiri dari 3 lantai. Pondasinya begitu kokoh, dinding kayu, dan besinya pun masih sama seperti pertama kali masjid ini dibangun.

Source https://singgahkemasjid.blogspot.co.id https://singgahkemasjid.blogspot.co.id/2016/12/masjid-tuo-pulo-kambing-aceh-selatan.html
Comments
Loading...