Masjid Tua Talang Menerai Sumatera Selatan

0 75

Lokasi Masjid Tua Talang Menerai

Masjid Tua Talang Menerai terletak di Desa Gelumbang, Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan 31171.

Masjid Tua Talang Menerai

Pada dasarnya Masjid Tua Talang Menerai ini, merupakan replika sederhana dari Masjid Sultan di Palembang. Kusebut replika sederhana karena memang ukurannya lebih kecil, ornamen interior dan ekteriornya tak semewah masjid Sultan di pusat kota Palembang. Meski aku sendiri tak tahu pasti kapan persisnya masjid ini pertama kali dibangun dan belum menemukan narasumber yang dapat dimintai penjelasan tentang hal tersebut.

Dapat difahami bila arsitektural masjid ini dan sebagian besar masjid masjid tua di kawasan Sumbagsel mirip dengan masjid Sultan Palembang, karena memang Keseluruhan wilayah Sumatera Bagian Selatan (propinsi Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Jambi & Babel) dulunya memang merupakan bagian dari Kesultanan Palembang. Menjadi wajar bila kemudian masjid masjid di sana memiliki kemiripan dengan masjid pertama yang dibangun oleh Sultan di “bekas” kawasan kraton Kuto Gawang tersebut.

Masjid Tua Talang Menerai ini sudah mengalami sedikit perombakan meski bangunan aslinya masih dapat dilihat dengan jelas. Teras di kiri kanannya dan bagian depannya dibangun untuk mengakomodir jumlah jemaah. Menaranya yang dulu diluar bangunan masjid kini masuk ke dalam bangunan terasnya. Tangga di tiga pintu utamanya masih utuh meski jendelanya sudah tidak lagi seperti dulu, sudah diganti dengan kaca nako. Plafon ruang utama masjid juga sudah di tutup dengan triplek. Namun secara keseluruhan aku masih bisa menikmati bentuk asli masjid masjid tua sederhana yang dulu pernah ku kenal di masa kecil ku.

Source Masjid Tua Talang Menerai Sumatera Selatan sumatera selatan
Comments
Loading...