Masjid Tua Jerrae Pusat Peradaban Islam di Allakuang Kabupaten Sidrap

0 96

Masjid Tua Jerrae Pusat Peradaban Islam di Allakuang Kabupaten Sidrap

Masjid Tua Jerrae merupakan Masjid Tertua di Desa Allakuang, Kecamatan Maritanggae, Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan, saat ini telah berusia sekitar 450 tahun lebih.

Selain terkenal sudah tua, masjid tersebut, juga terbilang sangat unik karena konon kabarnya pilar dari Masjid Andalan Bumi Nene Mallomo ini terbuat dari batang tanaman cabai (lombok).

Ditemui di Masjid Tua Jerrae, Imam Masjid, H.Hindar mengatakan, masjid tua ini dibangun sekitar tahun 1607 oleh Syech Bojo, Lapatiroi, dan La Pagala Alias Nene Mallomo (Panca Lautan) dan diangkat sekaligus oleh salah seorang di antara mereka,” kata H.Hindar.

Imam masjid tua Jerrae H Hindar (85) mengatakan dari cerita turun-temurun, pilar utama dari masjid tua ini terbuat dari batang tanaman cabai dan hingga saat ini belum pernah direnovasi khususnya pada bagian pilar itu,

“Kecuali atapnya, dulunya atap pada masjid ini terbuat dari ijuk dan sekitar tahun 2000 lalu diganti dengan atap seng,” ujarnya.

Hindar menjelaskan lebih lanjut, saat dibangun yang mengimami masjid ini adalah Syeckh Bojo sekaligus yang menyebarkan agama islam di kalangan penduduk saat itu dan setelah wafat diteruskan oleh Addatuang Panguriseng hingga turun-temurun.

Selain pilarnya yang sudah terbilang tua, masjid ini juga masih menyimpan sebuah geranda mayat yang terbuat dari kayu yang usianya juga diperkirakan lebih dari puluhan tahun.

Jika kita melihat dari luar halaman masjid ini, terlihat pekuburan yang diisi oleh Syeckh Bojo beserta para muridnya. Kata Hindar pekuburan Syeckh Bojo setiap selalu dikunjungi oleh para peziara di hari-hari tertentu untuk mendoakannya.

“Pekuburan ini selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah untuk mendoakan beliau, biasa kalau secara kebetulan, Syeckh Bojo menampakan dirinya dengan mengenakan surban, itu pernah terjadi salah satu peziarah memotret kuburan itu dan Syeckh Bojo tiba–tiba nampak,”ungkapnya.

Keberadaan Masjid Tua Jerrae yang merupakan masjid pertama dan bukti sejarah masuknya islam di Desa Allakuang. Saat ini, masjid tua tersebut masih digunakan oleh warga sekitar sebagai tempat kegiatan beribadah bagi umat islam serta kegiatan keagamaan lainnya.

Masjid ini telah mendapatkan pengawasan langsung dari pihak pemerintah setempat yakni dinas kebudayaan, karena masjid tersebut masuk dalam kategori cagar budaya yang harus dilindungi oleh negara. Olehnya itu sebelum dilakukan renovasi bangunan pihak pengurus masjid terlebih dahulu mengkordinasikan kepada pihak terkait.

Source http://rri.co.id http://rri.co.id/makassar/post/berita/536703/peristiwa/masjid_tua_jerrae_pusat_peradaban_islam_di_allakuang_kabupaten_sidrap.html
Comments
Loading...