Masjid Tua Indrapuri Aceh

0 349

Lokasi Masjid Tua Indrapuri Aceh

Masjid Indrapuri berlokasi di Desa Indrapuri Pasar, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar.

Masjid Tua Indrapuri Aceh

Masjid Tua Indrapuri ini awalnya adalah candi Hindu peninggalan Kerajaan Hindu Indrapuri pada abad ke 12 Masehi. Kerajaan Indrapuri ditaklukan oleh Sultan Iskandar Muda, Sultan  yang berkuasa di Kesultanan Aceh Darussalam pada sekitar tahun 1607-1636. Kerajaan Indrapuri sendiri didirikan oleh adik perempuan dari Putra Harsha dari India. Pasukan Harsha kalah saat perang melawan bangsa Huna pada tahun 604 M, lalu mereka melarikan diri ke Aceh dan mendirikan kerajaan di sana hingga kemudian ditaklukan oleh Sultan Iskandar Muda.

Sejarah Masjid Tua Indrapuri Aceh

Candi yang menjadi tempat peribadatan umat Hindu Indrapuri pun berubah masjid oleh Sultan Iskandar Muda. Meski telah dihancurkan, bekas candi masih terlihat di sekitar masjid ini. Bahkan mantan Gubernur Aceh, sekaligus sejarawan Aceh, Prof. Ali Hasjmy (alm), menyebutkan bekas atau tapak candi ini hampir sama luasnya dengan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Konstruksi Masjid Tua Indrapuri hingga kini masih belum banyak berubah. Kayu tua masih mendominasi masjid ini. Bentuk atap masjid ini berbeda dengan bentuk atap kebanyakan masjid di Aceh. Masjid ini justru mirip dengan masjid tua di Jawa yang mengambil bentuk arsitektur candi. Atapnya berbentuk segi empat yang tersusun tiga.

Selain bekas candi, wilayah ini pernah menjadi pusat Kesultanan Aceh Darussalam beberapa bulan, akibat menghindari agresi Belanda. Akibat tekanan Belanda, pusat kerajaan kembali dipindahkan ke Keumala yang saat ini berada di Kabupaten Pidie.

Karena menempati bekas candi, areal Masjid Tua Indrapuri sangat luas yakni 33.878 meter persegi. Untuk mencapai masjid ini cukup mudah, tidak jauh dari poros jalan Banda Aceh-Medan.

 

Source Masjid Tua Indrapuri Aceh Aceh Besar
Comments
Loading...