Masjid Tua Baiturrahman Blora

0 99

Masjid Tua Baiturrahman

asjid lainnya yang menyimpan sejarah di Blora adalah Masjid Baiturrahman. Masjid ini terletak di Desa Ngadipurwo, Kecamatan Blora Kota. Masjid Baiturrahman disebut sebagai masjid tertua kedua di Blora setelah Masjid Agung Baitunnur.

Menurut catatan sejarah, Masjid Baiturrahman berdiri tahun 1774. Hal ini berarti pembangunan Masjid Baiturrahman hampir bersamaan dengan Masjid Agung Baitunnur.

Kedua masjid tersebut sama-sama didirikan oleh R.T. Djajeng Tirtonoto. Hal yang membedakan adalah bangunan Masjid Baiturrahman pada awal mulanya merupakan surau (langgar).

Awalnya, R.T. Djajeng Tirtonoto memilih sebidang tanah di Desa Ngadipurwo untuk dijadikan surau. Setelah 32 tahun berdiri, surau tersebut rusak, lantas direhab kembali menjadi sebuah masjid pada tahun 1814 oleh R.T. Prawirojoedo.

Kemudian surau tersebut diubah menjadi Masjid Baiturrahman oleh Kandjeng Raden Mas Tumenggung (K.R.M.T) Tjokronegoro III pada 19 Agustus tahun 1894 Masehi.

R.T. Djajeng Tirtonoto sengaja memilih Desa Ngadipurwo karena letaknya jauh dari alun-alun yaitu sekitar 7 kilometer. Ia bermaksud menjadikan tempat tersebut sebagai tempat tinggal ketika nantinya ia meletakkan jabatannya sebagai Bupati Blora.

Meskipun diubah menjadi masjid, keaslian kayu dari surau masih terjaga. Di dalamnya juga terdapat mimbar khotib dan mustaka (kepala) masjid Jawa yang bentuknya mirip mahkota raja Jawa.

Mustaka di atas masjid ini melambangkan makrifat, yakni tingkat penyerahan diri kita kepada Allah secara berjenjang, setingkat demi setingkat, hingga sampai pada tingkat keyakinan yang kuat.

Kemudian, pohon jati untuk bedug ditemukan R.T. Djajeng Tirtonoto di suatu tempat yang sekarang dinamakan Desa Growong.

Pohon jati dipotong menjadi 3 bagian untuk membuat tiga bedug. Bedug pertama diperuntukkan Masjid Agung Surakarta yang diambil dari potongan pohon jati pada bagian pangkal.

Sementara potongan pada bagian tengah diperuntukkan untuk beduk Masjid Agung Baitunnur, dan pada bagian pucuk untuk beduk Masjid Baiturrahman.

Source https://www.liputan6.com https://www.liputan6.com/ramadan/read/3971775/dua-masjid-bersejarah-favorit-warga-blora-saat-ramadan?source=search
Comments
Loading...