Masjid Surau Gadang

0 19

Masjid Surau Gadang

Masjid Surau Gadang berada di Jalan H. Miskin, Kelurahan Campago Ipuh, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan. Masjid Surau Gadang ini merupakan perkembangan dari Surau Awaluddin di kompleks makam Tuanku Kurai yang tidak difungsikan lagi.

Masjid Surau Gadang disebut juga Masjid Jami’ Pusat Mandiangin karena masjid tersebut merupakan masjid terbesar di Mandiangin. Masjid ini dibangun pada tahun 1830. Arsitektur masjid ini menyerupai Masjid Lima Kaum di Batusangkar dengan dua buah kubah khas yang meimplementasikan arsitektur Minangkabau.

Bagian dalam masjid ditopang dengan 25 buah tiang berukir berukuran 45-70 cm. Mimbar dipenuhi dengan berbagai kerawangan yang indah berupa sulur-suluran daun, berukuran 258 x 143 x 370 cm.. Sekarang sebagian besar komponen arsitektural masjid ini telah mengalami perubahan/penggantian, sehingga bentuk aslinya tidak tampak lagi.

Masjid ini sekarang telah mengalami perubahan total, sehingga bangunan aslinya sudah tidak terlihat lagi, hanya pada bagian atapnya yang masih berbentuk atap tumpang 3. Bangunan masjid sekarang berbentuk bangunan baru dengan arsitektur modern.

Source http://bukittinggiheritage.blogspot.com http://bukittinggiheritage.blogspot.com/2017/10/31-masjid-jamiak-surau-gadang.html
Comments
Loading...