Masjid Sulthoni Kepatihan Yogyakarta

0 366

Lokasi Masjid Sulthoni Kepatihan Yogyakarta

Masjid Sulthoni Kepatihan berada di dalam Kompleks Kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (Kompleks Kepatihan), Jl. Malioboro 52-54 Yogyakarta.

Masjid Sulthoni Kepatihan Yogyakarta

Masjid Sulthoni Kepatihan Yogyakarta saat menjadi masjid Gubernuran DIY meskipun masih berfungsi menjadi salah satu masjid milik Kraton Kasultanan Yogyakarta. Tidak diketahui kapan tepatnya dibangun masjid ini karena minimnya informasi mengenai masjid ini. Diperkirakan masjid ini dibangun setelah pembangunan masjid pathok negoro yang dibangun pada empat penjuru Kraton Yogyakarta atau pada saat Sultan Hamengku Buwono I berkuasa.

Masjid Sulthoni Kepatihan Yogyakarta sudah mengalami pemugaran atau renovasi beberapa kali. Pemugaran dan renovas tetap mempertahankan bentuk asli bangunan masjid karena merupakan salah satu bangunan cagar budaya di Yogyakarta. Terakhir pada tahun 2014 dilakukan perluasan area masjid agar dapat menampung lebih banyak jamaah. Perluasan masjid dilakukan pada sisi utara masjid menggunakan atap bersistem buka tutup. Sarana dan prasarana pun diperbaiki seperti area wudlu, kamar mandi, dan box penyimpanan barang pengunjung.

Saat tiba waktu shalat, Masjid Sulthoni Kepatihan Yogyakarta cukup banyak dikunjungi jamaah yang berasal dari wisatawan yang sedang berada di Malioboro. Masjid ini menjadi salah satu pilihan selain masjid yang berada di kantor DPRD DIY dan masjid-masjid yang berada di dalam perkampungan sekitar Malioboro. Masjid ini terbuka untuk umum meskipun berada di dalam kompleks Kantor Gubernur DIY. Diharapkan pengunjung atau jamaah yang berkunjung ke masjid ini tetap menjaga ketenangan seperti halnya berada di masjid-masjid yang lain.

Source Masjid Sulthoni Kepatihan Yogyakarta Jogja
Comments
Loading...