Masjid Sulaimaniyah Pantai Cermin Serdang Bedagai Sumatera Utara

0 62

Masjid Sulaimaniyah Pantai Cermin Serdang Bedagai Sumatera Utara

Masjid Sulaimaniya terletak di Jalan H.T. Rizal Nurdin, Desa Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, didirikan oleh Sultan Sulaiman Syariful Alamsyah, pada tahun 1901.

Berbeda dengan Masjid Raya Sulaimaniyah di Perbaungan, masjid yang berada di Pantai Cermin ini kesannya sebagai bangunan lama dan bersejarah masih kental terlihat dengan ornamen melayu, walaupun sudah banyak juga bagian masjid yang telah direnovasi. Dengan 4 tiang penyangga bagian dalam masjid, ada sebuah tangga menuju bagian atas (asbes) masjid seperti tempat untuk bertawajjuh.

Bangunan masjid yang bernama Masjid Raya Sulaimaniyah ini sangat mencolok berkat warnanya yang khas. Bagian atas masjid tidak menggunakan kubah sebagaimana masjid pada umumnya, melainkan menggunakan atap mahligai. Atap bersusun itu menjadi ciri khas arsitektural Melayu Serdang.

Bangunan fisik masjid secara keseluruhan sangat dipengaruhi oleh bentuk bangunan bergaya Melayu dan Timur Tengah. Beberapa bagian, seperti ornamen pada daun pin tu, atap mahligai, dan tentu saja mimbar masjid yang menjadi bagian paling khas. 

Tiang-tiang bagian luar juga unik dan sepertinya menjadi ciri khas hampir setiap masjid yang ada di Kecamatan Pantai Cermin berbentuk bulatan yang mengeliling sampai bagian atas tiang. Meski kini tiang tersebut telah diberi tempelan keramik tetapi tidak mengurangi bentuk aslinya.

Kemudian bentuk mimbar masjidnya juga hampir sama dengan yang ada di Perbaungan. Namun masjid Raya Sulaimaniyah Pantai Cermin bagian atas mimbarnya tidak berlambang bulan sabit dan bintang yakni dengan bentuk kayu lurus tegak ke atas.

Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2015/02/07/masjid-sulaimaniyah-pantai-cermin-serdang-bedagai-sumatera-utara/
Comments
Loading...