Masjid Selo Yogyakarta

0 116

Lokasi Masjid Selo

Masjid Selo terletak di Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131.

Masjid Selo

Masjid Selo disebut juga masjid batu, dibangun pada masa Sri Sultan HB I pada tahun 1709 H atau 1787 M. Pendirian masjid ini diprakarsai oleh Tumenggung Mangundipura dan dibawah pengawasan RM Sudira. Pendirian masjid diprakarsai oleh KGP Hamengkunegara atau putra mahkota kelak menjadi Hamengku Buwana II. Sebagai pelaksana pembangunan adalah Tumenggung Mangundipuro.

Masjid Sela merupakan Masjid Dalem Kadipaten untuk putra mahkota, akan tetapi Dalem tersebut mengalami kerusakan adanya serangan tentara Inggris pada tahun 1812 M. Konon Masjid Sela seluruh bangunannya terbuat dari campuran spesi pasir, kapur dan semen merah. Hasil campuran spesi tersebut menjadi keras seperti batu berwarna hitam. Oleh karena itu masjid diberi nama dari bahasa Jawa yaitu ”Sela” (batu).

Bangunan masjid terdiri dari bangunan pokok dan serambi. Bangunan pokok dengan atap tajug, mahkota stiliran floral dan burung, tampak luar garis-garis yang memberi kesan sirap. Bangunan serambi berbentuk atap limasan dengan penyelesaian bentuk tanduk pada ujung-ujung sudut, tampak luar garis-garis memberi kesan atap sirap. Jendela ada pada dinding samping kiri dan kanan masing-masing satu buah dan pada dinding depan ada dua buah.

Bangunan masjid sudah mengalami perubahan, halaman masjid yang asli dahulu terdapat dua kolam, dengan pembagian kolam bersih dan kotor. Pada tahun 1955 / 1956 kolam ini diurug, diganti dengan bangunanperpustakaan dan ruang ibadah. Sebelumnya bangunan ini digunakan untuk menyimpanpeti mati (bandosa)

Source Masjid Selo Yogyakarta Jogja
Comments
Loading...