Masjid Salafiah Caringin Banten

0 256

Lokasi Masjid Salafiah Caringin

Masjid Salafiah Caringin terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 31, Desa Caringin, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Propinsi Banten.

Masjid Salafiah Caringin

Masjid Salafiah Caringin menjadi peninggalan muslim Banten pada masa pemerintahan kolonial Belanda di bawah Gubernur Jenderal Herman Hillem Daendels. Pada 1883 Desa Caringin ditinggalkan oleh penduduknya karena terjadi gempa bumi akibat Gunung Krakatau meletus. Keadaannya menjadi hancur dan gersang.

Setelah setahun ditinggalkan akhirnya mereka kembali ke Caringin pada 1884. Sekembalinya mereka ke Caringin, tak lama kemudian ada seorang ulama yang bernama Syekh Asnawi bersama dengan penduduk secara gotong royong membangun masjid pada tahun 1884. Masjid ini diberi nama Masjid Caringin sampai sekarang. Syekh Asnawi adalah putra KH. Mas Abdurrahman (penghulu Caringin) dan ibunya Ratu Syafiah (keturunan Sultan Banten) yang lahir pada1852.

Bangunan Masjid Salafiah Caringin

Model bangunan Masjid Salafiah Caringin bergaya klasik, perpaduan lokal dengan budaya Hindu. Seperti halnya bangunan kuno, Masjid berbentuk segi empat dengan penyangga fondasi masif.

Atap Masjid Salafiah Caringin terdiri atas tiga tingkatan, yang menerangkan rukun agama, seperti Iman, Islam dan Ikhsan. Atap tersebut bersatu dengan atap ruang perawatan serambi barat dan utara. Atap tingkat pertama disangga oleh tiang sokogutu. Pada puncak atap tingkat tiga terdapat mustaka dari tanah liat dengan bulan sabit di puncak mustaka. Hiasan yang terdapat pada bagian ujung kerangka atap berupa hiasan tumpal.

Ruangan yang terdapat di kompleks Masjid Salafiah Caringin meliputi ruang utama, ruang serambi di keempat sisi, kolam, istiwa dan makam.

Source https://gpswisataindonesia.info/ https://gpswisataindonesia.info/2017/10/masjid-salafiah-caringin-labuan-kabupaten-pandeglang/
Comments
Loading...