Masjid Sa’adah Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat

0 15

Masjid Sa’adah Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat

Masjid Sa’adah terletak di Nagari Gurun, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

Masjid Sa’adah mulai dibangun pada tanggal 1 Januari 1910 dan mulai dipakai sebagai tempat ibadah pada tanggal 1 Januari 1917. Masjid ini dibangun oleh Dt. Intan, seorang tokoh yang cukup kaya di Nagari Gurun pada waktu itu. Tukang Masjid Saa’dah dan Masjid Rao-Raosama orangnya, sehingga arsitektur Masjid Sa’adah dan Rao-Rao pun hampir mirip.

Bangunan utama masjid berdenah bujursangkar. Bahan bangunan masjid seluruhnya terbuat dari beton. Atap masjid berbentuk atap tumpang bersusun lima yang melambangkan 5 suku di Nagari Gurun, yaitu Bendang, Koto Anti, Piliang, Koto, dan Patapa.

Pada bagian dalam masjid terdapat 4 tiang, yang menurut penjaga masjid, tidak memakai besi sebagai penyangga, tetapi menggunakan bambu sebagai penyangganya. Pintu masuk pada masjid ini sebanyak 2 buah dengan jendela berjumlah 6 buah.

Lantai pada bangunan utama masjid masih berupa lantai semen biasa, sedangkan lantai bagian luar/teras sudah diganti dengan lantai keramik berwarna putih. Pada bagian samping kiri masjid terdapat bangunan yang berfungsi sebagai tempat mengambil air wudhu. Bagian menara masjid memakai gonjong yang berjumlah 4 buah.

Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2015/07/07/masjid-saadah-kabupaten-tanah-datar-sumatera-barat/
Comments
Loading...