Masjid Rotowijayan Yogyakarta

0 10

Masjid Rotowijayan

Masjid Rotowijayan atau Masjid Panepen yang sudah ada sejak pemerintahan HB I ini menjadi tempat kegiatan abdi dalem Punokawan Kaji yang jumlahnya 12 orang. Selain itu, pengurusan Masjid Panepen juga dibantu abdi dalem Suronoto yang dulunya berada di masjid Surowinatan atau lebih dikenal dengan sebutan Masjid Kagungan Rotowijayan.

Masjid yang terletak di Jalan Rotowijayan pada sisi timur dan tepat berada di depan tempat tinggal Ngarso Dalem (sebutan nama dari Sri Sultan Hamengkubuwono di lingkungan kraton dan sekitarnya). Jama’ah dari masjid Kagungan nDalem Rotowijayan dalam keseharian jama’ahnya terdiri dari warga RW 11 s/d RW 15 Kelurahan Kadipaten yang tempat tinggalnya berdekatan dengan masjid, dan pula warga Panembahan yang dekat dengan Keben, serta para wisatawan muslim yang menikmati wisata di Kraton Yogyakarta. Masjid ini dikenal pula dengan masjid Keben, pemberian nama ini karena berdekatan dengan pohon Keben.

Masjid Keben yang relatip mungil ini terawat dengan bersih dan asri tentu didukung oleh segenap ta’mir masjid dan para pengunjung yang tetap menjaga kebersihan masjid. Untuk mengambil air wudlu terpisah antara laki-laki dan perempuan. Laki-laki disebelah utara dan perempuan di sebelah selatan. Dekat masjid Keben tepatnya di dalam tempat tinggal Ngarso Dalem juga terdapat Masjid Panepen yang jarang orang awam tau sebab letaknya ada di dalam dan nampaknya tidak untuk umum tetapi untuk shalat keluarga Ngarso Dalem diikuti oleh para abdi dalem kraton, lihat saja pada denah kraton Yogyakarta pada D 13  tentu bisa dilihat posisi tepatnya Masjid Panepen ini..

Source http://navigasi-budaya.jogjaprov.go.id/ http://navigasi-budaya.jogjaprov.go.id/ngayogyakarta-hadiningrat/mataram-islam/348
Comments
Loading...