situsbudaya.id

Masjid Raya Tuatunu Bangka

0 78

Lokasi Masjid Raya Tuatunu Bangka

Masjid Raya Tuatunu Bangka terletak di Tua Tunu, Gerunggang, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33173.

Masjid Raya Tuatunu Bangka

Masjid Raya Tuatunu merupakan masjid terbesar di Pulau Bangka. Masjid Raya Tuatunu ini berukuran cukup besar, khususnya untuk tempat yang lokasinya agak jauh dan di lingkungan sederhana seperti Tuatunu ini. Karenanya tidak heran jika Masjid Raya Tuatunu menjadi tengara penting dan kebanggaan bagi masyarakat setempat.

Masjid Raya Tuatunu memiliki satu kubah utama tumpang yang besar, dengan empat kubah kecil di atas menara pendek di keempat sudut bangunan. Terpisah di sebelah kanan, dihubungkan oleh selasar, adalah menara masjid dengan tiga dek pandang. Luas keseluruhan selasar adalah 92 meter persegi.

Bangun di dalam masjid terkesan sederhana, dengan karya kaligrafi berukuran sedang terlihat di dalam ruangan. Namun ada yang sangat menarik dan indah, yaitu kaca patri pada bagian mihrab serta di bagian atas pintu depan masjid. Masjid Raya Tuatunu dibangun di atas tanah seluas 9.920 m2. Lantai dasar utamanya memiliki luas 784 m2, lantai duanya 490 m2 dan teras luarnya seluas 520 m2. Menara Masjid Raya Tuatunu tingginya 47,5 meter, dan jika memiliki stamina cukup anda bisa naik sampai ke puncaknya menapaki serangkaian tangga berputar.

Source Masjid Raya Tuatunu Bangka Bangka Belitung
Comments
Loading...