Masjid Raya Sultan Ahmadsyah Tanjung Balai Selatan Sumatera Utara

0 22

Masjid Raya Sultan Ahmadsyah Tanjung Balai Selatan Sumatera Utara

Masjid Raya Sultan Ahmadsyah terletak di jalan Masjid, Kelurahan Indra Sakti, Kecamatan Tanjung Balai Selatan, Kota Tanjung Balai Selatan, Sumatera Utara (lihat peta). Masjid dibangun di atas tanah wakaf Kesultanan Asahan dengan luas 10.000 M2 dengan luas bangunan 1000 m2

Masjid Raya Sultan Ahmadsyah Tanjung Balai didirikan mulai pada tahun 1884 dan selesai dibangun pada tahun 1886. Penggagas berdirinya Masjid Raya Sultan Ahmadsyah adalah Sultan Ahmadsyah yang bergelar Marhum Maharaja Indrasakti yang memerintah Kesultanan Asahan mulai tahun 1854 hingga 1888, sultan ke-9 dari Kesultanan Asahan. Ahmadsyah naik tahta setelah menggantikan ayahnya Sultan Muhammad Hussein Syah (1813-1854) sebagai sultan ke-8 yang pernah memerintah di Kesultanan Asahan.

Sultan Ahmadsyah pada masa pemerintahannya dikenal dengan pemimpin yang arif lagi bijaksana dan negeri Asahan banyak mengalami kemajuan. Penduduk sangat menyenangi beliau karena dalam masa pemerintahannya sangat memperhatikan dan melindungi kepentingan rakyatnya dan juga mempunyai sikap yang tegas dalam menyelesaikan suatu masalah yang timbul antara rakyat dengan rakyat dan rakyat dengan pemerintah dan dalam suatu mengambil keputusan tidak menguntungkan satu pihak dan mengorbankan pihak lainnya.

Fungsi didirikannya Masjid Raya Sultan Ahmadsyah bukan hanya sebagai sebuah tempat ibadah, tetapi juga merupakan tempat strategis bagi pengembangan masyarakat. Selain sebagai tempat ritual, masjid juga sebagai pusat tumbuh dan perkembangnya kebudayaan Islam. Di dalamnya dilakukan penyusunan strategi, perencanaan dan aksi di dalam kerangka penyebaran Islam di tengah kehidupan masyarakat. Selain sebagai kepentingan ritual ibadah keagamaan, juga memiliki kepentingan politis untuk melawan hegemoni penjajah.

Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2015/02/04/masjid-raya-sultan-ahmadsyah-tanjung-balai-selatan-sumatera-utara/
Comments
Loading...