Masjid Raya Rantepao Sulawesi Selatan

0 86

Lokasi Masjid Raya Rantepao

Masjid Raya Rantepao terletak di Malango’, Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan 91833.

Masjid Raya Rantepao

Masjid Raya Rantepao merupakan masjid yang terbilang unik karena berbeda dengan masjid-masjid lain pada umumnya. Masjid ini mempunyai sepasang rumah tongkonan yang sengaja dipasang disamping pintu masuk ke tempat ibadah serta arsitektur bangunannya diukir motif khas budaya Toraja.

Masjid Raya Rantepao didirikan sekitar 1950. Lokasinya berada di tengah Kota Rantepao, ibu kota Kabupaten Toraja Utara. Masjid ini sudah mengalami dua kali renovasi. Salah satunya adalah peletakan dua buah Tongkonan di pintu utama masjid serta penambahan arsitektur khas Toraja.

Proses renovasi memang sedikit menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Namun demi menjaga kerukunan masyarakat Toraja peletakan Tongkonan di pintu utama masjid serta penambahan arsitektur khas Toraja tetap dilakukan. Hasilnya ternyata positif, karena ada estetika nilai-nilai budaya Toraja yang akan terlihat oleh siapa pun yang melewati masjid ini.

Dijelaskan bahwa Tongkonan (rumah adat Toraja) hanya melambangkan kerukunan masyarakat Toraja dan hanya berada di Toraja. Selain Tongkonan, ukiran yang ada di beberapa bagian masjid tersebut ada makna filosofi.

Seperti ukiran paqkapuq baka, yang berarti harapan agar keturunan senantiasa bersatu dan senantiasa hidup damai dan sejahtera. Sedang paqtedong yang berarti lambang kesejahteraan dan kemakmuran bagi semua masyarakat dan keluarga.

Source http://www.arsy.co.id http://www.arsy.co.id/2015/09/wisata-religi-di-masjid-raya-rantepao.html
Comments
Loading...