Masjid Raya Kendari

0 116

Masjid Raya Kendari

Bertempat di Kelurahan Kandai, tak jauh dari Pelabuhan Kapal Malam Raha. Pertama mendengar namanya, orang-orang menganggap itu adalah Masjid Al Kautsar. Oleh masyarakat setempat, dikenal Masjid Raya Kota Lama.

Lokasinya terada di samping jalan. Perlu menaiki tangga agar menjangkaunya, sebab berada di perbukitan. Makanya ketika berada di halaman masjid, pemandangan teluk Kendari langsung membayar rasa lelah. Kebetulan tiba di masjid bercat hijau ini di waktu siang, tepat kapal menuju Raha, Kabupaten Muna berlayar.

Nampak sederhana dari kontruksi masjid dengan satu menara itu. Tetapi jangan kaget ketika berada di dalamnya. Takjub rasanya bisa salat Zuhur berjamaah di sini. Apalagi sedang Ramadan. Seolah musafir saja, gumamku.

Di tempat ini, SultraKini.Com bertemu H. Andi Muh. Arsyad selaku pengurus masjid berkedudukan sekretaris. Diungkapkannya, masjid tersebut dibangun tahun 1950an. Telah berganti tempat sebanyak tiga kali dan mengalami renovasi. Masjid Raya Kendari termasuk masjid tertua di Kendari, apalagi berada di kawasan pelabuhan yang notabenenya lokasi strategis jalur perdagangan kala itu.

Seperti masjid lainnya, terdapat kaligrafi di langit-langit kubah bagian dalam bergores 99 asmaul husna. Model mimbarnya khas dari masjid lain. Tingginya sekira 150 cm, menempel di dinding, tepat di posisi kanan imam salat. Tak perlu ragu jika lupa membawa alat salat. Di sini juga tersedia banyak. Setelah salat bisa langsung nikmati pemandangan seolah bukan di Kendari.

Tak jauh dari masjid juga terdapat gereja. Jaraknya sekitar 300 meter bernama GPIB Sumber Kasih Kendari. Gereja ini juga saksi sejarah jalur perdagangan di kawasan kota lama yang sekarang nyaris hilang kekhasan bangunan-bangunannya, akibat pembangunan jembatan modern.

Source https://sultrakini.com https://sultrakini.com/berita/tiga-lokasi-wisata-religi-yang-kendari-banget
Comments
Loading...