Masjid Raya Batang Piaman

0 13

Masjid Raya Batang Piaman

Masjid didirikan dengan konstruksi bangunan kayu model rumah panggung. Denah bangunan berukuran 16 x 12 meter. Pada bagian paling bawah yang merupakan kaki bangunan terdiri dari tiang-tiang kayu berjumlah 55 buah. Rata-rata tiang kayu berdiameter 25 cm. Khusus tiang utama (tiang macu/soko guru) berdiameter 65 cm. Tiang utama ini menembus lantai bangunan dan menjulang sampai ke atap yang paling tinggi yaitu 15 meter. Ruangan utama masjid ini dilengkapi dengan pintu masuk 2 buah yang berada di depan (sebelah timur), dan jendela sebanyak 10 buah. Masing-masing pintu dan jendela mempunya daun pintu dan jendela sebanyak 2 buah. Lantai masjid terbuat dari kayu, kondisinya masih cukup terawat dan kuat.

Untuk masuk kedalam ruangan dapat naik melalui tangga masuk yang berjumlah dua buah. Tangga masuk terbuat dari kayu yang masih kokoh kondisinya. Dinding ruangan masjid terbuat dari papan dengan model pemasangan menyerong (diagonal). Begitu juga dengan daun pintu dan jendela memakai model pemasangan yang serupa. Pada bagian depan masjid dibuatkan semacam teras yang berfungsi untuk melindungi bedug yang diletakkan de depan pintu masuk, sekaligus berfungsi untuk melindungi tangga naik ke dalam masjid. Atap masjid terbuat dari seng, dibuat model tumpang tiga. Bentuk atap ruangan utama masjid adalah model limas, sedangkan atap bagian mihrab dibuat model gonjong.

Pada bagian antar atap tumpang terdapat hiasan kayu berukiran motif sulur-suluran dengan cat (sudah kusam) warna hijau, putih, dan merah. Di sebelah selatan masjid, berjarak sekitar 10 meter, terdapat bangunan semacam aula untuk tempat bersidang ninik makam dan tokoh masyarakat. Bangunan ini berdenah 5 x 5 meter, dan tinggi 6 meter. Bangunan tempat sidang ini pada bagian bawah dibuat dengan konstruksi batu kali yang dipasang dengan spesi pasir dan kapur, sedangkan bagian atasnya yang merupakan lantai kedua dibuat dengan konstuksi kayu, baik lantai maupun dindingnya. Atapnya terbuat dari seng dengan model atap limas.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Padang-Pariaman.pdf
Comments
Loading...