Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

0 126

Masjid Raya Baiturrahman

Jika ada sebuah tempat yang harus Anda kunjungi saat bertandang ke Banda Aceh, itu adalah Masjid Raya Baiturrahman. Inilah situs bersejarah yang telah ada sejak era kejayaan Kesultanan Aceh dan bertahan hingga saat ini. Masjid ini telah melalui berbagai hal, mulai dari tragedi pembakaran oleh kolonial Belanda tahun 1873 hingga hantaman tsunami di akhir tahun 2004.

Masjid yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda tahun 1614 M. Masjid ini terbakar sekitar tahun 1677 M, saat terjadi pergolakan kaum wujudiyyah di masa Sultanah Nurul ‘Alam Nakiatuddin Syah. Menurut A. Hasjmy, inilah bentuk Masjid Raya Baiturrahman yang dibangun oleh Sultanah Nurul ‘Alam Nakiatuddin Syah (1675 – 1678 M). Masjid inilah yang dibakar pada tanggal 6 Januari 1874 oleh Belanda dalam agresi keduanya.

Pada awalnya rakyat Aceh menolak, karena menurut mereka, masjid ini dibangun oleh kaphe. Masjid ini diserahkan kepada rakyat Aceh pada hari Selasa, 27 Desember 1881 M / 6 Safar 1299 H. Masjid Raya Baiturrahman dengan tiga kubah. Perluasan dengan penambahan dua kubah ini dilakukan oleh Gubernur Van Aken pada tahun 1936. Masjid Raya Baiturrahman pertama kali dibangun di era Kesultanan Aceh.

Bagian atap masjid ini dibuat sesuai dengan ciri khas masjid-masjid di Indonesia pada masa itu, atap limas bersusun empat. Terdapat dua versi sejarah mengenai riwayat pembangunan masjid ini. Sebagian sumber menyebutkan masjid ini didirikan pada 1292 M oleh Sultan Alauddin Johan Mahmudsyah. Sementara, sumber yang lain menyebutkan masjid ini didirikan oleh Sultan Iskandar Muda pada 1612 M.

Source Masjid Raya Baiturrahman Masjid Raya Baiturrahman
Comments
Loading...