Masjid Raya Al Kautsar Kendari

0 19

Masjid Raya Al Kautsar Kendari

Berada di Jalan Abdullah Silondae, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, tentu tak mudah menelusuri tempat ini. Masjid Raya Al Kautsar Kendari selalu difavoritkan masyarakat setempat, begitu juga di luar Kendari. Bahkan orang asing kadang berwisata walaupun dirinya mengaku non Muslim. Ini membuktikan bangunan yang dibangun sejak 1980an itu membawa daya tarik.

Informasi dari berbagai sumber, nama Al Kautsar merupakan surat ke-108 dalam Al Quran yang berarti pemberi nikmat berlimpah kepada umat manusia.

Kata salah seorang pengurus Masjid Raya Al Kautsar Kendari, Wahid Nursalim, masjid yang berdiri di lahan sekira 2,5 hektar, dulunya bekas Masjid Tentara atau Majid Markas di tahun 60 an. Seiring waktu, dibangunlah masjid Al Kautsar. Tetapi dulunya dinamai Masjid Agung, resmi berganti nama tahun 2013.

Bangunan dua tingkat bergaya rumah tradisional berpadu modern ini, mampu menampung 7 ribuan jamaah. Pertama kali masuk, tiga beduk ukuran sedang langsung menyambut. Begitu pula saat berada di dalam masjid, pandangan langsung tertuju ke langit-langit kubah. Indah rasanya melihat goresan kaligrafi 99 asmaul husna. Begitu juga kaligrafi di dinding bangunan. Masjid tak pernah sunyi. Ada saja jamaah yang datang untuk beribadah.

Masjid Al Kautsar memiliki menara yang disebut menara persatuan. Menara tingginya sekira 35 meter itu dibangun ketika pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran tingkat nasional ke-21 tahun 2006. Menara ini juga saksi bisu membludaknya jamaah hingga ke jalan raya ketika salat Idul Fitri. Sekira 100 meter di samping masjid tersebut juga berdiri gereja, tepatnya seberang jalan bernama Gereja Ora Et Labora.

Source https://sultrakini.com https://sultrakini.com/berita/tiga-lokasi-wisata-religi-yang-kendari-banget
Comments
Loading...